Breaking News

Mengintip Profil Haryanto, Pemilik PO Haryanto yang Pecat Anaknya Sendiri Rian Mahendra


Nama Haryanto, pemilik PO Haryanto, belakangan viral setelah fakta pemecatan Rian Mahendra yang merupakan anaknya sendiri sebagai Direktur Operasional PO tersebut. 

Namun demikian belum banyak yang mengenal dan mengetahui profil Haryanto sendiri.

Untuk mengenal dan sedikit mengintip profil Haryanto sendiri, Anda bisa lihat di penjelasan berikut ini.

Profil Haryanto

Lahir pada 17 Desember 1959, Haji Haryanto merupakan seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan pangkat terakhir Kopral Kepala. Lahir dari pasangan Muhammad Sipan dan Sutami, ia adalah anak laki-laki pertama, anak ke-6 dari total 11 bersaudara.

Ayah dari Haji  Haryanto sendiri bekerja sebagai buruh tani serabutan, dan mencari tambahan sebagai pemisah daging dan tulang ikan di pasar. Ibunya, di sisi lain, adalah seorang pedagang kecil. Namun demikian ia memiliki impian untuk menjadi anggota TNI, dan terwujud pada 1979.

Karier militer Haji Haryanto sendiri diakhiri pada tahun 2000 lalu karena memutuskan untuk pensiun dini, pada pangkat Kopral Kepala.

PO Haryanto, Dirintis Sejak Masih Berdinas

PO Haryanto sendiri sebenarnya didirikan pada tahun 2002. Namun pendirian PO ini sudah dirintis sejak dirinya berdinas, dengan menjalankan bisnis sampingan dengan menjadi agen tiket bus untuk beberapa tujuan.

Baru kemudian di tahun 2002, PO Haryanto resmi didirikan. Pada awal pendiriannya, PO ini memiliki sedikitnya 6 unit bus yang diperoleh dari pinjaman bank, dengan rute Cikarang-Cimone. 

Beberapa waktu berjalan, jalur dalam kota ini tidak memberikan titik terang kesuksesan. Ia kemudian memutuskan untuk membuka rute Antar Kota Antar Provinsi, dengan rute awal Jakarta-Kudus, Jakarta-Pati, dan Jakarta-Jepara.

Seiring berjalannya waktu rute yang ditawarkan semakin banyak. Mulai dari Jakarta-Pamekasan-Sumenep, hingga ke rute Jakarta-Solo-Ponorogo. Dilansir dalam salah satu artikel di Tribunnews, pada 2021 lalu tercatat sedikitnya PO Haryanto memiliki armada sebanya 300 unit bus AKAP.

Ringan Tangan dalam Memberi

Salah satu bentuk rasa syukur Haji Haryanto atas rejeki yang dimilikinya adalah dengan program memberangkatkan sopir berprestasi untuk berangkat ibadah umrah ke Tanah Suci. Selain itu setiap tanggal 1 Muharram, ia juga menyantuni anak yatim dan mengadakan pagelaran wayang kulit.

Soal ibadah salat, Haji Haryanto juga termasuk salah satu orang yang sangat disiplin. Jika sudah waktunya beribadah, maka ia akan mengingatkan karyawannya untuk beribadah salat. Ia tak segan memberikan sanksi pada pegawainya yang tidak mengindahkan ajakan solatnya.

Itu tadi sekilas mengenai profil Haryanto, pemilik PO Haryanto yang viral karena dikabarkan memecat anaknya sendiri. Hingga saat ini, belum diketahui penyebabnya melakukan tindakan tersebut.

Sumber: suara
Foto: Pemilik PO Haryanto, Haryanto saat mengendarai busnya di kantornya, Kudus, Selasa (30/3/2021)./Tribun Jateng/ Raka F Pujangga
Mengintip Profil Haryanto, Pemilik PO Haryanto yang Pecat Anaknya Sendiri Rian Mahendra Mengintip Profil Haryanto, Pemilik PO Haryanto yang Pecat Anaknya Sendiri Rian Mahendra Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar