Breaking News

Rencana Ujicoba Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel di IKN, Netizen Anggap Tak Realistis: ESEMKA Aja Mangkrak


Rencana ujicoba taksi terbang dan kereta tanpa rel di Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat kritikan dari netizen, mereka membandingkan dengan proyek mobil ESEMKA yang mangkrak.

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) terkait bakal dilakukannya ujicoba taksi terbang dan kereta tanpa rel.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkap bakal segera melakukan ujicoba Taksi terbang dan kereta tanpa rel di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024.

Ujicoba taksi terbang atau Advanced Air Mobility dan Autonomous Rail Transit atau kereta tanpa rel diungkap oleh Deputi Bidang Transportasi Hijau dan Digital OIKN, Mohammed Ali Berawi.

Hal tersebut disampaikan Ali Berawi saat berkunjung ke Port of Long Beach pada acara Smart City Reverse Trade Mission di Amerika Serikat, Rabu 1 Mei lalu.

OIKN mengedepankan alasan meningkatkan efisiensi dan keamanan sehingga berencana menerapkan sistem transportasi cerdas (ITS) di IKN.

Dilansir Kilat.com dari Instagram @opiniid, Ali Berawi menyatakan bahwa hal tersebut merupakan peluang dan pengembangan teknologi.

"Momentum pembangunan IKN merupakan peluang besar untuk pengembangan dan penguasaan teknologi ITS dan moda transportasi inovatif," ujar Ali Berawi.

"Seperti kendaraan otonom dan Advanced Air Mobility," sambung Ali.

Dalam kunjungan ke Amerika Serikat tersebut OIKN dan rombongan juga berdiskusi dengan Port of Long Beach, City of Long Beach, Xtelligent dan TIG/m.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pengembangan green port dan sistem transportasi cerdas perkotaan.

Rencana tersebut mendapat reaksi beragam dari netizen, mereka mengungkapkan pandangannya melalui kolom komentar.

Tidak sedikit dari netizen yang justru mengkritik kebijakan tersebut, mereka membandingkan dengan proyek mobil ESEMKA yang masih mangkrak serta banyaknya jembatan rusak yang tidak mendapatkan perhatian pemerintah.

"Taksi terbang, dah lah yang realistis aja, gak usah sok fantastis... IKN jadi, gak mangkrak gak dikorup, berfungsi dan bermanfaat itu aja udah bikin bangga, Esemka aja masih hantu, ini lagi taksi terbang...," tulis @imfaizun.

"Satu sisi lain, anak-anak ke sekolah harus berenang karena tidak ada jembatan," ujar @dr.billylazuardi. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ilustrasi Uji coba taksi terbang di IKN/Net
Rencana Ujicoba Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel di IKN, Netizen Anggap Tak Realistis: ESEMKA Aja Mangkrak Rencana Ujicoba Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel di IKN, Netizen Anggap Tak Realistis: ESEMKA Aja Mangkrak Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar