Breaking News

Bertubi-tubi Penghargaan untuk Bobby Nasution, Terakhir Menantu Jokowi Raih Satyalancana dan Tokoh Nasional


Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution boleh dibilang banjir penghargaan. 

Bobby tercatat sedikitnya telah menerima 15 anugerah tanda jasa dari berbagai pihak. Terakhir, suami putri Jokowi Kahiyang Ayu ini mendapat penghargaan Satyalancana.

Berikut setidaknya 15 penghargaan yang telah diterima Bobby Nasution, lima di antaranya ia dapatkan pada 2024:

1. Satyalancana

Menantu Jokowi termasuk dari 14 kepala daerah yang dianugerahi Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha pada Kamis, 25 April 2024. Pemberian penghargaan sebagai kepala daerah berprestasi itu bertepatan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Balai Kota Surabaya. 

Mestinya penyematan dilakukan Jokowi, karena berhalangan hadir lalu digantikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

2. Merajut Harmoni Menuju Satu Dasawarsa Berkarya Membangun Bangsa.

Pada Ahad, 18 Februari 2024 lalu, Wali Kota Medan juga menerima piagam penghargaan dari RSU Royal Prima. Penghargaan itu diberikan atas dedikasi menantu Presiden Jokowi dalam Merajut Harmoni Menuju Satu Dasawarsa Berkarya Membangun Bangsa. 

Penghargaan diberikan seiring perayaan HUT ke-10 RSU Royal Prima yang berlangsung di Prima Ballroom Gedung Prima Indonesia, Jalan Sampul Medan.

3. Tokoh Nasional asal Tabagsel

Sebelumnya, pada Ahad, 4 Februari 2024, Bobby juga mendapatkan penghargaan tak kalah mentereng. Ayah Jan Ethes ini dianugerahi gelar sebagai Tokoh Nasional yang berasal dari Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel). 

Pengukuhan diberikan oleh raja-raja se-Tabagsel serta para tokoh masyarakat dari wilayah tersebut seperti Harry Lotung, Gus Irawan Pasaribu, Dolly Pasaribu, Abdul Basith Dalimunthe, Siwan Siswanto, dan Rusydi Nasution di Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan.

4. Sutan Porang Gunung Baringin Naposo

Selain dianggap sebagai Tokoh Nasional, Bobby juga mendapatkan gelar kehormatan adat dari raja-raja di Tapanuli Bagian Selatan, yakni Sutan Porang Gunung Baringin Naposo. 

Acara pengukuhan diwarnai oleh kekayaan budaya adat, mulai dari prosesi masuk hingga penyematan ulos khas Tabagsel, dilanjutkan dengan menari tor-tor.

5. Pelopor Peduli Lingkungan Hidup

Bobby Nasution dinobatkan sebagai Pelopor Peduli Lingkungan Hidup oleh Plant and Care for Peace Finlandia pada Ahad, 28 Januari 2024. 

Penghargaan ini diserahkan pegiat lingkungan hidup internasional, Mika Vanhanen, dalam sebuah acara Peringatan Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional, di halaman SMP Negeri 24 Medan.

Komunitas lingkungan hidup internasional menilai Bobby Nasution telah berhasil mendorong dan mendukung keterlibatan ratusan sekolah di Medan menanam pohon sekaligus membangun komitmen terhadap masa depan yang lebih hijau. 

Mika Vanhanen, pendiri dan koordinator Plant and Care for Peace, menilai Bobby Nasution telah membuktikan dedikasi yang tinggi pada pendidikan lingkungan hidup.

6. Pelopor Kebangkitan Film Medan Menuju Kota Film di Indonesia

Pada 25 November 2023 lalu, Bobby Nasution menerima penghargaan Badan Perfilman Indonesia (BPI) sebagai Pelopor Kebangkitan Film Medan Menuju Kota Film di Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan BPI sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas komitmen orang nomor satu di Pemko Medan itu dalam membangun industri kreatif di Kota Medan, khususnya industri perfilman.

7. Penghargaan dari KPK

Karena daerahnya dinilai sebagai pemerintah kota dengan nilai penertiban prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) tertinggi tingkat Sumatera Utara Tahun 2022, Bobby Nasution pun diganjar penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).

Sertifikat penghargaan nomor KSP.00/1322/2023 itu diserahkan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I KPK Edi Suryanto kepada Bobby Nasution pada Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penyelamatan Keuangan Negara/Daerah di Ruang Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut di Medan, Kamis sore, 26 Oktober 2023.

8. Apresiasi Tokoh Indonesia

Grup Tempo Media juga pernah memberikan penghargaan kepada Bobby Nasution pada Selasa malam, 29 Agustus 2023. 

Karena orang nomor satu di Pemkot Medan ini dinilai berkontribusi dalam pengembangan digitalisasi, Tempo mengganjar Bobby Nasution anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia. 

“Perhelatan ini wujud penghargaan Tempo terhadap toko-tokoh yang berkontribusi pada pembangunan di daerah masing-masing dan di tingkat nasional. Penerima penghargaan adalah tokoh yang dinilai telah mengukir prestasi sesuai bidangnya dan membuktikan karya nyata untuk masyarakat dan Indonesia,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Arrahmaan Pane.

9. Lencana Melati

Bobby Nasution yang juga Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan menerima tanda penghargaan Lencana Melati dari Ketua Gerakan Pramuka Komjen Polisi (Purn) Budi Waseso pada momen Ulang Janji Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Jakarta, Ahad, 13 Agustus 2023.

Lencana Melati merupakan lencana jasa yang diberikan sebagai tanda penghargaan kepada seseorang yang dianggap memiliki jasa, pengabdian, pembinaan yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka di daerah masing-masing.

10. Yudha Wastu Wiratama

Pada April 2023, Bobby Nasution menerima Brevet Kehormatan “Yudha Wastu Wiratama” dari Danyonkav 6/Naga Karimata, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara. 

Pemberian brevet pasukan lapis baja dengan baret hitam itu setelah Bobby Nasution dianggap mampu mengendarai kendaraan tempur lapis baja jenis Tank AMX Canon 75 Retrofit milik Yonkav 6/NK.

“Brevet Yudha Wastu Wiratama ini merupakan tanda kualifikasi kebanggaan Prajurit Kavaleri, di mana pemiliknya telah dianggap mampu menyelesaikan aplikasi materi mengemudi kendaraan tempur Kavaleri baik secara teknis maupun taktis dihadapkan pada faktor medan dan cuaca,” ungkap Bobby Nasution.

11. Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia

Disaksikan Presiden Jokowi, Bobby Nasution menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat 2023. 

Penghargaan ini diberikan atas inovasi bertajuk Digitalisasi Sandang Gaya Medan Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi yang dilakukan Bobby Nasution. 

Bobby Nasution menerima penghargaan tersebut dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kamis, 9 Februari 2023.

12. Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Republik Tahun 2022

Ombudsman Republik Indonesia memberikan Piagam Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Republik Tahun 2022 dengan kategori Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik kepada Bobby Nasution di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara Jalan Sei Batang Hari Medan, Kamis, 26 Januari 2023. 

Bobby Nasution dinilai secara masif meningkatkan serta memaksimalkan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai prioritas.

13. Penghargaan dari Badan Wakaf Indonesia (BWI)

Program Masjid Mandiri yang digagas Bobby Nasution mendapatkan apresiasi dari Badan Wakaf Indonesia (BWI). Sebagai bentuk apresiasi, BWI pun menyerahkan penghargaan kepada menantu Presiden Jokowi tersebut pada Ahad, 27 November 2022. 

Bobby dinilai sebagai tokoh yang peduli terhadap wakaf dengan menjadikan rumah ibadah di Kota Medan sebagai Masjid Mandiri.

14. Penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Bobby Nasution pernah mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan Pemkot Medan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 dengan baik dan jelas. 

Laporan keuangan Pemkot Medan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut.

Penghargaan ini diserahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Provinsi Sumut Heru Pudyo Nugroho, di sela-sela Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Tahun 2022 di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Medan, Selasa, 3 November 2022.

15. Pembina Olahraga Berprestasi

Pada Kamis, 6 Oktober 2022 silam, Bobby Nasution mendapat penghargaan sebagai Pembina Olahraga Berprestasi dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Piagam penghargaan diberikan saat Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional XXXIX Tahun 2022 di Lapangan Astaka Disporasu Jalan, Medan, Sumatera Utara. Bobby dinilai berjasa, berprestasi, dan menjadi kebanggaan daerah.

16. Lencana Darma Bakti

Bobby Nasution menerima penghargaan Lencana Darma Bakti dari kwartir nasional (kwarnas). Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati hari pramuka ke 60, 14 Agustus 2021. 

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumut menyematkan langsung penghargaan tersebut. 

Bobby Nasution karena dianggap telah mendarma baktikan pikiran, perbuatan, pengabdian dan kemajuan bagi gerakan pramuka di Kota Medan.

Sumber: tempo
Foto: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan Satyalencana kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024 di Surabaya, Jawa Timur Kamis 25 April 2024. Humas Pemkot Surabaya
Bertubi-tubi Penghargaan untuk Bobby Nasution, Terakhir Menantu Jokowi Raih Satyalancana dan Tokoh Nasional Bertubi-tubi Penghargaan untuk Bobby Nasution, Terakhir Menantu Jokowi Raih Satyalancana dan Tokoh Nasional Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar