Breaking News

Siapa Sosok John Barnett, Si Pengungkap Masalah Produksi Boeing yang Ditemukan Tewas Misterius


Mantan pegawai perusahaan raksasa manufaktur pesawat Boeing, John Barnett ditemukan tewas secara misterius di Amerika Serikat (AS). Barnett terkenal aktif menyuarakan kegelisahan mengenai standar produksi perusahaan tersebut

Melalui laporan BBC, beberapa hari sebelum kematiannya, John Barnett telah memberikan bukti dalam gugatan pelapor terhadap Boeing.

John Barnett bekerja untuk Boeing selama 32 tahun hingga memutuskan pensiun pada tahun 2017. Dirinya telah memberikan bukti gugatan pelapor terhadap perusahaan raksasa dirgantara tersebut.

Lantas, siapakah sosok John Barnett yang ditemukan tewas secara misterius itu?

Dikutip dari Hindustan Times, Selasa (12/3/2024), pria berusia 62 tahun ini pernah menjabat sebagai manager kualias yang bertanggung jawab memproduksi 787 Dreamliner di pabrik North Charleston.

Dalam kesaksiannya mengenai tuduhan bahwa pekerja berada di bawah tekanan sengaja memasang suku cadang di bawah standar pada pesawat di jalur produksi.

John Barnett juga mengaku telah menemukan masalah serius pada sistem oksigen. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat sebab 1 dari 4 masker pernapasan diindikasi rusak dalam keadaan darurat.

Boeing turut berduka cita atas berita meninggalnya John Barnett. Petugas koroner Charleston County mengonfirmasi bahwa dia meninggal karena luka yang "ditimbulkan sendiri" pada 9 Maret 2024, namun polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami sedih atas meninggalnya Tuan Barnett, dan rasa duka kami tertuju pada keluarga dan teman-temannya," kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

John Barnett menyatakan telah pensiun tahun 2017 dengan alasan kesehatan. Meskipun telah pensiun, dirinya tetap terlibat dalam perseteruan hukum melawan Boeing. Ia menuduh perusahaan tersebut telah merugikan kariernya dan merendahkan dirinya terkait masalah keselamatan yang dia ajukan.

Dalam wawancara tahun 2019 dengan BBC, John Barnett menyampaikan kekhawatirannya tentang proses perakitan yang terkesan terburu-buru dan mengorbankan standar keselamatan. Dia menuduh para pekerja gagal mengikuti prosedur untuk melacak komponen, seingga membiarkan komponen rusak dan hilang.

Dia juga mengklaim bahwa komponen di bawah standar diambil dari tempat sampah dan dipasang pada pesawat yang sedang dibangun untuk mencegah penundaan produksi.


Pada akhir tahun 2017, FAA akhirnya mengabulkan beberapa kekhawatiran John Barnett. Boeing memiliki setidaknya 53 suku cadang di fasilitas manufaktur yang tidak sesuai karena tempat produksinya tidak diketahui.

Oleh karena itu, FAA meminta Boeing untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan melakukan tindakan perbaikan. Mengenai masalah terkait sistem oksigen, Boeing mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan bahwa beberapa botol oksigen telah dikirim dari pemasok yang belum berfungsi dengan baik.

John Barnett, yang saat itu pensiun, masih terus melakukan perselisihan hukum melawan Boeing. Dia berada di kota untuk wawancara hukum, kemungkinan besar terkait dengan kasus tersebut, ketika dia mengalami kecelakaan.

Pekan lalu dia memberikan pernyataannya yang kemudian diambil oleh pengacara Boeing yang melakukan pemeriksaan silang terhadapnya serta pihak sendiri yang memiliki penasihat hukumnya. Dia rencananya akan diinterogasi lebih lanjut pada hari Sabtu, meskipun dia tidak pernah terlihat berada di sana, menutup semua penyelidikan di hotel, mayatnya ditemukan di truknya di tempat parkir hotel.

"Hari ini adalah hari yang tragis," kata pengacaranya Brian Knowles.

"John telah bolak-balik selama beberapa waktu untuk bersiap-siap," kata Knowles.

"Pembela memeriksanya selama tujuh jam yang diizinkan berdasarkan aturan pada hari Kamis."

Produksi Boeing diterima dalam jangka waktu yang lama, mengingat beberapa kejadian baru-baru ini yang muncul dari kejadian di mana pintu keluar darurat 737 Max meledak beberapa saat setelah lepas landas.

Selama audit yang berlangsung hingga enam minggu, FAA menemukan beberapa contoh di mana Normandia tidak menganggap remeh pengendalian kualitas selama produksi.

Sumber: akurat
Foto: John Barnett (X @PopBase)
Siapa Sosok John Barnett, Si Pengungkap Masalah Produksi Boeing yang Ditemukan Tewas Misterius Siapa Sosok John Barnett, Si Pengungkap Masalah Produksi Boeing yang Ditemukan Tewas Misterius Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar