Breaking News

Tolak Uang Duka Rp 40 Juta, Warga Plumpang Ungkap Kejanggalan Diduga Surat Pertamina: Tidak Ada Kop


Acep Hidayat (53), keluarga korban kebakaran Depo pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara, mengaku ditawari oleh uang duka diduga dari PT Pertamina sebesar Rp 40 juta.

Uang itu untuk empat keluarganya yang jadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang,  pada Jumat (3/3/2023) malam lalu. 

Mereka yang jadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang adalah anak Acep bernama Trish Rhea Aprilita (12), mertuanya bernama Sumiati (71), keponakannya Raffasya Zajid Atallah (3), dan adik iparnya M. Suheri Irawan (32).

Acep lantas menyebut, ia menolak uang duka yang disodorkan PT Pertamina karena harus tanda tangan surat persetujuan, berbarengan dengan dengan proses serah terima uang.

Namun, ia mengungkap ada kejanggalan pada surat tersebut.

Kejanggalan itu berupa, kata dia, ada di dalam surat tersebut terdapat sebuah poin yang menyatakan bahwa keluarga korban tidak boleh menuntut atau menggugat Pertamina Group setelah menerima uang duka.

Selain itu, tak ada kop surat di atas surat itu yang buatnya curiga. 

"Itu yang jadi pertanyaan kami. Ada tulisan tidak boleh menggugat, cuman belum tercoret," kata Acep Rabu (8/3/2023) dilansir Tribun Jakarta. 

Ia lantas menyebutkan diduga isi surat Pertamina itu. Ia menyebut, surat Pertamina yang disodorkan kepadanya bentuknya juga polos dan ada poin-poin, termasuk soal tak bolehnya ada tuntutan gugat PT Pertamina. 

"Jadi dia ngasihnya polos, berbentuk form. Nama, dan lain-lain, cuman yang poin 3 itu belum dicoret," tambah dia.

“Saya bilang saya tidak membutuhkan biaya itu, saya bilang yang kami butuhkan hanya kami dapat jenazah dan menguburkannya secara layak," imbuhnya.

Adapun empat keluarganya yang jadi korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang kini sudah dikuburkan. Jenazah Rhea dan Sumiati sudah dimakamkan di TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara.

Sementara itu, jenazah Raffasya dan Suheri dimakamkan di Bogor, Jawa Barat, hari ini Kamis (9/3).

Pertamina bakal lakukan penelusuran

Terkait adanya surat tersebut, Eksekutif General Manager Pertamina Patra Niaga Bagian Barat, Deny Djukardi, menyatakan pihak Pertamina akan menelusurinya.

Pihaknya bakal mengonfirmasi ke jajaran Pertamina Plumpang dan tim yang ada di lapangan, baik yang ada di lokasi kebakaran serta tim yang bersiaga di rumah sakit.

Menurut Deny, saat ini tim masih mendata ahli waris yang menjadi korban kebakaran pipa pengisian BBM di Depo Pertamina Plumpang

"Kami akan meminta konfirmasi dengan tim kami di Plumpang, karena kami masih mendata masing-masing korban dan ahli waris," ujar Deny dilansir dari pemberitaan.

Sumber: kompas
Foto: Petugas membawa korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang untuk dirujuk ke RSUD Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Wahyu Putro A)
Tolak Uang Duka Rp 40 Juta, Warga Plumpang Ungkap Kejanggalan Diduga Surat Pertamina: Tidak Ada Kop Tolak Uang Duka Rp 40 Juta, Warga Plumpang Ungkap Kejanggalan Diduga Surat Pertamina: Tidak Ada Kop Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar