Breaking News

Amankan Kekuatan, PDIP Kemungkinan Merapat ke KIB


Menghadapi Pemilu 2023, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap butuh berkoalisi, terutama dengan partai lain yang iman politiknya sama.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN), Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, mengatakan, meski PDIP memegang tiket dan bisa maju sendirian, tapi berkoalisi menjadi hal penting, khususnya untuk mengamankan kekuatan politik di parlemen.

"Saya kira PDIP sangat butuh berkoalisi dan sangat mungkin bisa melebur dengan KIB yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP," kata Adi, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/3).

Terlebih, sambung dia, PAN telah mengisyaratkan mendukung Ganjar Pranowo yang notabene kader banteng, untuk menjadi bakal calon presiden (Bacapres).

"Tentu ini pintu masuk bagi PDIP untuk berkoalisi dengan PAN, atau sebaliknya. Begitu juga PPP yang sudah memberi sinyal, sangat mungkin berkoalisi dengan partai yang dipimpin Megawati itu," pungkasnya.

Dengan demikian, PDIP dan KIB bisa saja menjadi satu poros, mengingat politik hari ini masih sangat dinamis dan semua kemungkinan bisa terjadi.

Sumber: rmol
Foto: Ketua Umum PDIP Megawati dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PDIP partai besutan Megawati Soekarnoputri diprediksi akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Kolase Tribun-Timur.com
Amankan Kekuatan, PDIP Kemungkinan Merapat ke KIB Amankan Kekuatan, PDIP Kemungkinan Merapat ke KIB Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar