Breaking News

Pengamat: Pencabutan PPKM Tidak Berdampak Besar Bagi Ekonomi


Pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), diharapkan Presiden Joko Widodo bisa mendorong peningkatan kondisi ekonomi pada 2023.

"Semoga (pencabutan PPKM) bisa mendorong, men-trigger ekonomi kita untuk tumbuh lebih baik dibanding tahun 2022," harap Jokowi saat membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia tahun 2023, Senin (2/1).

Akan tetapi, menurut ekonom dari Universitas Indonesia (UI), Teguh Dartanto, pencabutan PPKM oleh pemerintah tak akan memberi dampak yang besar bagi perekonomian Indonesia.

"Menurut saya cukup bagus pencabutan PPKM, walaupun tidak begitu besar dampaknya," terang sosok yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) periode 2021-2025 itu, Selasa (3/1).

Dijelaskan Teguh, dampak yang tidak terlalu besar itu karena masyarakat saat ini sudah tidak terlalu peduli dengan status PPKM. Aktivitas masyarakat saat ini juga sudah tidak sepenuhnya taat pada rambu-rambu PPKM.

Namun demikian, lanjut Teguh, pencabutan PPKM telah memberikan sinyal positif kepada masyarakat. Setidaknya kepercayaan masyarakat untuk beraktivitas akan pulih setelah sebelumnya selalu dibayang-bayangi pandemi Covid-19.

Sumber: rmol
Foto: Pencabutan PPKM dinilai tak akan punya dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi/Net
Pengamat: Pencabutan PPKM Tidak Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pengamat: Pencabutan PPKM Tidak Berdampak Besar Bagi Ekonomi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar