Breaking News

Waduh! Nasib Bandara Kertajati yang Habiskan Triliunan Malah Jadi Tempat Main Odong-odong


Politikus Partai Demokrat yang diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Cipta Panca Laksana menyoroti nasib Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat yang kini menjadi tempat main odong-odong.

Diketahui, Bandrara Kertajati dibangun dengan menyedot uang negara hingga Rp2,6 triliun.

Hal tersebut ditanggapi Cipta Panca melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Cipta Panca menyayangkan hal itu terjadi.

Cipta Panca juga kerap menyinggung pembangunan bandrara tersebut yang menghabiskan hingga triliunan.

"Waduh jadi tempat main odong2 ngabisin triliunan," ungkap Cipta Panca melalui akun Twitter pribadi miliknya, Senin (7/11).

Sebagai informasi, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei 2018. Luas area bandara ini adalah yang terbesar di Indonesia setelah pelabuhan udara Soekarno Hatta di Tangerang. 

Terkini, nasib Bandara Kertajati kerap jadi perbincangan warganet lantaran kondisinya yang saat ini hanya menjadi tempat main odong-odong maupun tuan rumah foto prewedding. 

Diketahui, Bandara Kertajati berhenti melayani penerbangan reguler berjadwal pada Juli 2019 karena sepi penumpang.

Kondisi sepi penumpang tersebut disebabkan akses ke bandara yang tidak memadai ditambah adanya pandemi Covid-19.

Bandara Kertajati dikabarkan tengah sibuk berbenah untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada November hingga Desember 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk persiapan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

"InsyaAllah untuk pertama ada empat penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi delapan penerbangan. Paling tidak ada dua penerbangan untuk umrah," terang Budi Karya melalui laman Kemenhub.

Meski begitu, setelah terdampak pandemi Covid-19, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan. Caranya yakni dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Bali.
Sumber: wartaekonomi
Foto: Nasib bandara yang sedot uang negara Rp 2,6 triliun ini bikin miris. Disindir jadi tempat main odong-odong. Foto terkininya diunggah/Facebook
Waduh! Nasib Bandara Kertajati yang Habiskan Triliunan Malah Jadi Tempat Main Odong-odong Waduh! Nasib Bandara Kertajati yang Habiskan Triliunan Malah Jadi Tempat Main Odong-odong Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar