Breaking News

11 Uskup Prancis Dituduh Pelecehan Seksual, Termasuk Kardinal yang Lecehkan Gadis 14 Tahun


Kardinal Prancis Jean-Pierre Ricard telah disebut oleh Gereja Katolik sebagai salah satu dari 11 uskup yang dituduh melakukan kekerasan seksual.

Dalam sebuah pernyataan, kardinal mengatakan dia telah melecehkan seorang gadis berusia 14 tahun ketika dia menjadi pastor paroki 35 tahun yang lalu dan sekarang akan mundur dari fungsinya.
Ke-11 terdakwa menghadapi tuntutan atau tindakan disipliner di Gereja Katolik. Pengakuan terakhir datang selama konferensi para uskup Prancis di Lourdes di barat daya Prancis.

Dikutip BBC, Uskup Agung Eric de Moulins-Beaufort mengatakan kepada wartawan bahwa 11 orang itu termasuk mantan uskup Créteil, Michel Santier, yang pensiun tahun lalu setelah dia dituduh melakukan pelecehan seksual dua dekade sebelumnya.

Dia membacakan sepucuk surat dari Kardinal Ricard, yang mengatakan bahwa dia telah berperilaku "dengan cara yang tercela" dengan seorang gadis berusia 14 tahun dan perilakunya pasti telah menyebabkan konsekuensi yang serius dan bertahan lama padanya.

Setelah pensiun 18 tahun sebagai uskup Bordeaux, kardinal berusia 78 tahun itu mengatakan bahwa dia telah meminta pengampunan darinya dan meminta maaf kepada mereka yang telah dia sakiti.

Uskup saat ini, Jean-Paul James, menyatakan simpatinya kepada korban dan memperbaharui seruannya kepada siapa saja yang telah menderita pelecehan di keuskupan untuk bersuara tentang hal itu.

Ketua konferensi mengatakan bahwa selain kardinal dan Michel Santier, enam uskup telah dituduh oleh pengadilan atau oleh Gereja dan satu sudah meninggal.

Dua mantan uskup lainnya menjadi subjek penyelidikan yudisial. Sedangkan yang ketiga telah dilaporkan ke jaksa.

Seperti diketahui, setahun yang lalu, sebuah panel menemukan bukti ribuan pedofil beroperasi di Gereja Katolik Prancis selama beberapa dekade.

Dalam laporannya pada Oktober 2021, sebuah komisi independen yang dibentuk oleh Gereja Katolik di Prancis menemukan bahwa sekitar 216.000 anak telah dilecehkan sejak 1950-an, sebagian besar anak laki-laki berusia 10-13 tahun.

Ketua panel mengatakan ada bukti hingga 3.200 pelaku dan bukti telah diserahkan ke jaksa dalam 22 kasus di mana tindakan kriminal masih bisa dilakukan.

Prancis adalah salah satu dari banyak negara di mana tuduhan pelecehan seksual telah mengguncang Gereja Katolik Roma. Tahun lalu, Paus Fransiskus mengubah undang-undang Gereja yang memasukkan pelecehan seksual, merawat anak di bawah umur untuk berhubungan seks, memiliki pornografi anak dan menutupi pelecehan sebagai pelanggaran pidana di bawah hukum Vatikan.

Dalam sebuah pesan menjelang konferensi para uskup musim gugur di Lourdes, Paus mengatakan Gereja Prancis sekali lagi kewalahan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa pendetanya.

Konferensi ini bertujuan untuk menemukan bagaimana meningkatkan komunikasi dan transparansi dalam kasus pelecehan yang melibatkan pastor.

Sumber: okezone
Foto: Kardinal Prancis dituduh pelecehan seksual terhadap gadis 14 tahun (Foto: AP)
11 Uskup Prancis Dituduh Pelecehan Seksual, Termasuk Kardinal yang Lecehkan Gadis 14 Tahun 11 Uskup Prancis Dituduh Pelecehan Seksual, Termasuk Kardinal yang Lecehkan Gadis 14 Tahun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar