Breaking News

Habib Bahar Bin Smith Dituntut 5 Tahun Penjara


Menjadi terdakwa kasus penyebaran berita bohong, Habib Bahar Bin Smith dituntut jaksa penuntut umum 5 tahun penjara.

Tuntutan itu dibacakan JPU yang dipimpin ketua tim Suharja dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (28/7).

"Kami meminta Majelis Hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa HB Assayid Bahar bin Ali bin Smith dengan pidana penjara selama 5 tahun," kata JPU membacakan tuntutan, seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Jaksa menilai, Habib Bahar terbukti bersalah melakukan tindak pidana menyebarkan berita bohong dalam ceramahnya yang dilakukan di Kabupaten Bandung.

Habib Bahar dinilai telah melanggar sebagaimana Pasal 14 ayat 1 UU nomor 1 Tahun 1946 Jo Pasal 55 KUHPidana.

Habib Bahar didakwa menyebarkan berita bohong saat menjadi penceramah dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Kampung Cibisoro, RT 03 RW 08 Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung pada 10 Desember 2021 lalu.

Jaksa menyoroti beberapa hal dalam video ceramah hoaks Bahar Smith yang diunggah di YouTube. Bagian-bagian itu dianggap sebagai ceramah berisi penyebaran berita bohong.

Habib Bahar berceramah dengan menyinggung cucu Rasullullah yang ditangkap dan dipenjara gegara menyelenggarakan Maulid Nabi SAW hingga tentang kematian enam laskar FPI.

Sumber: hukum
Foto: Habib Bahar bin Smith saat jalani sidang tuntutan dalam kasus dugaan penyebaran berita bohong/RMOLJabar
Habib Bahar Bin Smith Dituntut 5 Tahun Penjara Habib Bahar Bin Smith Dituntut 5 Tahun Penjara Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar