Breaking News

Jokowi Dipercikkan Air Beras Kunyit Sebelum Ritual Kendi di IKN, Agar Terhindar dari Marabahaya


Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani prosesi adat tepung tawar dan ketikai lepas di Titik Nol Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur pagi ini, Senin 14 Maret 2022. Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Adji Muhammad Arifin, memimpin prosesi adat tersebut.  

"(Prosesi adat ini) untuk melindungi, membersihkan, permohonan agar dijauhkan dari marabahaya, selalu mendapat rahmat, lindungan dari Yang Maha Esa," ujar pembawa acara Karina Lakshimingrum dalam acara yang disiarkan secara daring, Senin, 14 Maret 2022. 

Dalam prosesi tersebut, Jokowi dengan istrinya, Iriana, dipercikan air campuran beras kunyit, beras putih, beras bertih, air tepung tawar, dan gilingan inai, ke tangan dan pundaknya. Percikan menggunakan daun daun perinjis yang dilakukan oleh Adji. 

Jokowi juga disambut dengan Tarian Ganjuro yang dibawakan oleh penari Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Ia kemudian menemui gubernur dari 34 provinsi yang telah membawa tanah serta air untuk disatukan dan ditaburkan di IKN. Hal ini disebut sebagai ritual Kendi Nusantara.

Seluruh gubernur dari 34 provinsi sebelumnya telah hadir di Kalimantan Timur dan membawa tanah serta air yang melambangkan kekhasan serta kearifan lokal daerah masing-masing.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa misalnya, membawa tanah dari lokasi situs Keraton Kerajaan Majapahit. Hal itu tak lepas dari penamaan Nusantara untuk IKN. Kata Nusantara pernah disebutkan oleh Patih Majapahit, Gajah Mada, dalam Sumpah Palapa. 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyatakan akan ada prosesi doa bersama dengan para tokoh adat setempat, agar proyek pembangunan Ibu Kota baru tersebut bisa berjalan lancar.  

Jokowi dan para gubernur juga dijadwalkan menanam pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Nantinya setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya Jokowi dijadwalkan untuk berkemah di lokasi IKN. Dalam acara ini Jokowi bakal ditemani Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe beserta 5 gubernur se-Kalimantan.

Sumber: tempo
Foto: Jokowi Dipercikkan Air Beras Kunyit Sebelum Ritual Kendi di IKN/gelora
Jokowi Dipercikkan Air Beras Kunyit Sebelum Ritual Kendi di IKN, Agar Terhindar dari Marabahaya Jokowi Dipercikkan Air Beras Kunyit Sebelum Ritual Kendi di IKN, Agar Terhindar dari Marabahaya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar