Breaking News

Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Puluhan Jaksa dan Hakim PN Jember Berhamburan saat Persidangan


Puluhan hakim, pegawai, hingga jaksa Pengadilan Negeri Jember yang akan menggelar sidang lari berhamburan keluar ruangan pada Senin siang (13/12) saat merasakan guncangan gempa bumi yang cukup kuat.

"Secara spontanitas kami lari keluar ruangan, untuk menyelamatkan diri," kata Jaksa Penuntut umum (JPU), Agung Budi, kepada Kantor Berita RMOLJatim, di depan ruang Sari Pengadilan Negeri Jember.

Agung menjelaskan, saat itu ia sedang bersiap untuk membacakan surat dakwaan kasus pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur. Majelis hakim dan panitera, sudah bersiap-siap membuka persidangan. Begitu acara dibuka, semua merasakan getaran kuat. Karena itu, yang ada dalam ruangan Sari, langsung meninggalkan ruang persidangan.

"Kami belum sempat membacakan surat dakwaan tersebut, langsung lari keluar, ruangan, karena getarannyaa sangat terasa, Mas," jelas Agung.

Hal senada disampaikan Jurubicara PN Jember, Sigit Triatmojo. Dia menjelaskan saat terjadi gempa, sedang berlangsung beberapa sidang di pengadilan Negeri Jember. Dengan demikian, persidangan terhenti sementara, karena semua yang ada di dalam ruangan memilih menyelamatkan diri.

"Namun beberapa menit kemudian, setelah dilihat suasana aman, majelis hakim, jaksa, dan panitera kembali ke ruang persidangan," jelasnya.

Dia menambahkan, gempa bumi ini tidak sampai mengganggu persidangan. Persidangan tetap gelar dilanjutkan hingga tuntas.

Menurutnya, semua karyawan melakukan langkah penyelamatan diri, karena sesuai protokol tetap (protap), jika terjadi gempa berada di gedung apapun, harus segera meninggalkan ruangan.

"Kami yang saat itu berada di lantai 2, juga bersama kepala PN, I Wayan Gede Rumega, langsung keluar melewati jalur evakuasi, yang sudah ada," kata Sigit.

"Kami sudah mendapatkan pelatihan, tatacara menghadapi gempa, dan beberapa kali sudah melakukan simulasi bersama BPBD Jember dan petugas pemadam kebakaran," sambungnya.

Informasi dari Badan meteorologi klimatologi dan Geofisika BMKG, gempa terjadi pada pukul 12:46:56 WIB, Senin 13 Desember 2021. Gempa dengan Magnitudo 5,3 ini berada di kedalaman 10 km, 9.81 LS 113.67 BT, Lokasi Gempa 179 km Tenggara Jember.

BMKG pun memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun pihak  BMKG menyarankan supaya masyarakat berhati-hati terhadap potensi gempa bumi susulan. (RMOL)

Foto: Hakim dan panitera saat menyelamatkan diri keluar dari ruang sidang PN Jember/RMOLJatim
Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Puluhan Jaksa dan Hakim PN Jember Berhamburan saat Persidangan Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Puluhan Jaksa dan Hakim PN Jember Berhamburan saat Persidangan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar