Breaking News

Sebut Taiwan Negara, China Ngamuk dan Mengutuk Senator Prancis ini


China marah setelah seorang senator Prancis, Alain Richard, menyebut Taiwan sebagai sebuah negara saat berkunjung ke Taipei dan bertemu Presiden Tsai Ing-wen pada Kamis (7/10/2021) kemarin.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menilai ucapan Richard merupakan bentuk pelanggaran konsensus universal dalam komunitas internasional, termasuk yang dilakukan Prancis.

"Orang-orang seperti Richard tidak memiliki rasa hormat dan pemahaman paling mendasar tentang norma-norma hubungan internasional, atau mereka menculik hubungan antar negara berdasarkan keegoisan pribadi," kata Zhao dalam jumpa pers rutin di Beijing seperti dikutip Reuters, Jumat (8/10/2021)

"China mengutuk keras dan dengan tegas menentang ini," paparnya menambahkan.

Menanggapi amarah China, Richard mengaku bahwa sebutan bagi Taiwan merupakan sesuatu yang rumit.

"Ini adalah masalah diplomatik yang bagus, tetapi yang mengejutkan bagi saya adalah bahwa nama pulau dan negara ini adalah Taiwan," kata Richard.

"Jadi tidak ada gunanya mencoba, Anda tahu, mencegah negara ini menggunakan namanya," ucapnya menambahkan.

Richard, mantan menteri pertahanan Prancis 1997-2002, juga menambahkan kata "negara", dalam bahasa Prancis, diartikan sebagai ruang geografis, bukan ruang politik.

Presiden Tsai mengaku terharu atas kedatangan delegasi Richard ke Taipei di tengah tekanan China yang bertubi-tubi.

Pernyataan Richard itu muncul kala antara China dan Taiwan terus memanas.

Beijing terus menekan Taipei dari sisi politik dan militer akibat ambisinya untuk memerdekakan diri dari China.

China terhitung telah mengirimkan total 150 pesawat militer menerobos zona pertahanan udara Taiwan selama empat hari terakhir.

Selama ini, China juga kerap marah dan mengancam negara-negara yang berhubungan dekat dengan Taiwan.

Sementara itu, Prancis sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan karena menjalin hubungan formal dengan China. Namun, Paris tetap memiliki perwakilan de facto di Taiwan.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Senator Prancis, Alain Richard sebut Taiwan sebagai negara (Hops)
Sebut Taiwan Negara, China Ngamuk dan Mengutuk Senator Prancis ini Sebut Taiwan Negara, China Ngamuk dan Mengutuk Senator Prancis ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar