Breaking News

Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Dewan Pengarah BRIN, Apa Itu?


Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik mantan Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri menjadi Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 13 Oktober 2021.

Saat pelantikan berlangsung, tampak Megawati Seokarnoputri mengenakan kebaya biru.

Dalam acara tersebut, turut hadir Menko PMK Muhajir Effendi, Mensesneg Pratikno, dan pejabat lainnya.

Berikut susunan Dewan Pengarah BRIN yang sesuai dengan Keputusan Presiden:

Ketua Dewan Pengarah: Megawati Soekarnoputri

Wakil Ketua: Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Wakil Ketua: Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa

Sekretaris: Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto

Anggota:

Prof Emil Salim
Prof I Gede Wenten
Bambang Kesowo
Prof Adi Utarini
Prof Dr Marsudi Wahyu Kisoro
Ir. Tri Mumpuni

Lantas apa itu BRIN?

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 78 Tahun 2021, BRIN merupakan singkatan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Lebih jelasnya, BRIN merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas untuk melakukan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggara keantariksaan yang terintegrasi.

BRIN langsung bertanggung jawab pada Presiden RI, yakni Jokowi.

Tugas-tugas BRIN sesuai dengan Pasal 3 Perpres No 78 Tahun 2021 yakni membantu presiden dalam tugas pemerintah di bidang penelitian, pengembangan, riset, dan sebagainya.

"Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaran penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenanganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai pancasila." tulis Pasal 6 dalam Perpres No 78 Tahun 2021.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Potret Megawati Soekarnoputri. /Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga
Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Dewan Pengarah BRIN, Apa Itu? Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Dewan Pengarah BRIN, Apa Itu? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar