Breaking News

KPU 'Telanjangi' Caleg 2019, Tsamara Amany: Kenapa NIK dan Alamat Saya Dibeberkan Seperti Ini


Data pribadi sejumlah calon legislatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bocor. Hal itu membuat caleg saat itu merasa ditelanjangi Komisi Pemlihan Umum (KPU) karena datanya terus dibuka kepada publik.

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany mempertanyakan perihal kebocoran tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Halo @KPU_ID, kok bisa data saya sebagai caleg bocor seperti ini? Data ini seharusnya diberikan ke publik secara parsial," ujar Tsamara melalui media sosial Twitter akun @TsamaraDKI, Kamis, 14 Oktober 2021.

Tsamara merasa tidak terima karena data pada saat pencalegannya masih terpampang pada situs dengan menampilkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamatnya.

"Kenapa kok saat ini bahkan NIK saya dan alamat saya dibeberkan spt ini?," tanya Tsamara.

Ia menyatakan, data-data tersebut merupakan data pribadi sehingga tidak perlu untuk diketahui kepada publik.

"Ini kan data pribadi yg tidak ada kaitannya dengan publik," ujarnya.

Terkait hal itu seorang netizen mengingatkan Tsamara bahwa hal itu sudah terjadi sejak lama.

"Lha kemana aja mbak, semua caleg (ga hanya mba) kan formulir2 dan data2nya diupload semua di https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019
- sejak 2019 lho mbak..kemana aja?," ujar Ario pemilik akun @ok_ario·

Mendapat pertanyaan tersebut, Tsamara pun langsung meresponsnya.

"Pemilu sudah selesai harusnya di-hide. Plus enggak dibenarkan alamat rumah & NIK dipublikasi begitu mas. Apakah kalau mau jadi tokoh publik semua orang harus tau rumah kita di mana? Dan banyak orang yang jadi caleg sekarang sudah enggak di politik lagi, terus NIK dan alamatnya nampang seumur hidup?," balas Tsamara.

Mendapat tanggapan Tsamara tersebut, Ario menyatakan kesepakatannya.

"Setuju mbak - maka dari itu, saya tanya balik ke mbak, itu data sudah ada sejak 2019, di silon juga, caleg harusnya juga tau, saya pemilih aja tau soal website ini dan dokumen-dokumen yang diupload..," balasnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia Tsamara Amany. /Antara/
KPU 'Telanjangi' Caleg 2019, Tsamara Amany: Kenapa NIK dan Alamat Saya Dibeberkan Seperti Ini KPU 'Telanjangi' Caleg 2019, Tsamara Amany: Kenapa NIK dan Alamat Saya Dibeberkan Seperti Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar