Breaking News

Fenomena Urbanisasi Jadi Pokok Bahasan Anies Baswedan Saat Berbicara di Forum Internasional


Fenomena urbanisasi besar yang membuat sebagian besar penduduk akan tinggal di kota menjadi topik bahasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Forum Internasional Climate Heroes yang diselenggarakan secara daring oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Kamis (30/9).

“Sebagian besar penduduk dunia tinggal di kota. Dalam pengertian ini, banyak kehidupan bergantung pada kota," kata Anies seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta, Jumat (1/10).

Diproyeksikan bahwa setidaknya 60,4 persen populasi dunia akan tinggal di kota pada tahun 2030 dan 68 persen pada tahun 2050.

"Nantinya peran kota penting bagi peradaban kita,” sambung Anies.

Kemudian terkait perubahan iklim kota, juga memiliki peran besar di dalam aspek kehidupan populasi di dalamnya.

Untuk itu, kota bertanggung jawab untuk mengurangi emisi karbon yang menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim di dunia, sehingga bumi nantinya dapat secara layak ditinggali oleh generasi selanjutnya.

Peran sistem perkotaan dan pemimpin kota menjadi sangat penting, terutama ketika kota ditantang oleh tantangan besar seperti pandemi Covid-19 dan perubahan iklim.

"Dalam kesepakatan global, seperti Perjanjian Paris dan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, pemerintah kota diakui sebagai sekutu penting dalam mendorong masa depan yang lebih hijau, tangguh, dan berkelanjutan,” tutur Anies.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Jakarta itu juga mengungkapkan bahwa Jakarta akan menjalankan perannya dalam ikut menanggulangi dampak perubahan iklim.

Terlebih Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban20 pada tahun 2022 yang akan membahas isu potensial di era pascapandemi Covid-19.

Menurut Anies setidaknya ada enam  fenomena kota pascapandemi yang harus diwaspadai. Antara lain Perumahan produktif (terjangkau), Masa depan industri properti, dan mobilitas berkelanjutan dan aksesibilitas inklusif terhadap mobilitas.

Selanjutnya kelangkaan pekerjaan dan masa depan pekerjaan, Keterbatasan interaksi sosial, dan Perhatian untuk peningkatan jumlah anak yatim akibat kematian orang tuanya karena Covid-19.

"Ini harus kita perhatikan dan kita usahakan solusinya,” tandasnya.

Forum Climate Heroes kali ini juga diikuti oleh H.E. Sung Yong Kim, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia; Aniruddha (Ani) Dasgupta, President and CEO of World Resources Institute; dan Dino Patti Djalal, sebagai Founder of Foreign Policy Community of Indonesia; serta beberapa perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di dunia.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Forum Internasional Climate Heroes/Net
Fenomena Urbanisasi Jadi Pokok Bahasan Anies Baswedan Saat Berbicara di Forum Internasional Fenomena Urbanisasi Jadi Pokok Bahasan Anies Baswedan Saat Berbicara di Forum Internasional Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar