Breaking News

Ahok jadi Pembaca Doa di Pemakaman Sabam Sirait


Mendiang politikus senior PDIP Sabam Sirait akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata siang ini, Minggu (3/10). Anggota DPD RI itu wafat di usianya yang ke 85 tahun pada 29 September 2021 lalu.

Pihak keluarga mendiang Sabam Sirait membagikan prosesi pemakaman yang akan dilakukan. Diawali dengan Kebaktian Tutup Peti yang akan dilaksanakan di rumah duka di Jalan Depsos, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 12.30 WIB.

Prosesi penyerahan kepada negara dipimpin oleh Menkumham Yasonna Laoly. Sementara yang mewakili keluarga Johan Sirait. Lalu yang mewakili DPP PDIP yakni Ketua Fraksi DPR RI Utut Adianto.

Proses dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB, dengan persemayaman yang dipimpin Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dan sambutan oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Selanjutnya, bertempat di Plaza Gedung Nusantara, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, upacara pemakaman dilakukan dengan inspektur upacara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dicantumkan sebagai wakil dari pemerintah.

Adapun sakramen pemakaman oleh pendeta Jeffry Sitindaon. Sedangkan untuk pembacaan doa akan dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Lalu sambutan akan disampaikan oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun.

Terakhir, pemakaman akan dilangsungkan di TMP Kalibata sekitar pukul 16.00 WIB. Pihak keluarga mengimbau kepada yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya, Sabam Sirait, meninggal dunia pada usia 85 tahun di RS Siloam Karawaci. Ayah dari politikus PDIP itu, Maruarar Sirait, sudah aktif di dunia politik sejak tahun 1960-an.

Politikus senior dan deklarator PDIP itu pernah menjadi anggota DPR Gotong Royong (DPR-GR) periode 1967-1973, anggota DPR RI periode 1973-1982, anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia (DPA-RI) periode 1983-1993, anggota DPR RI periode 1992-2009, anggota DPD periode 2019-2024.

Sabam juga ikut dalam Penandatangan Deklarasi Pembentukan Partai Demokrasi Indonesia (PDI), tanggal 10 Januari 1973, Pendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), September 1998 hingga menjadi anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan pada 1998-2008.

Tak hanya itu, Sabam juga pernah menjadi pejabat Sekretaris Jenderal Partai Kristen Indonesia (Parkindo) periode 1963-1967 dan Sekretaris Jenderal Parkindo periode 1967-1973.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melayat ke rumah duka mendiang Sabam Sirait d kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. (Ist)
Ahok jadi Pembaca Doa di Pemakaman Sabam Sirait Ahok jadi Pembaca Doa di Pemakaman Sabam Sirait Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar