Breaking News

Viral, Mengaku sebagai Suharto, TNI Gadungan Diamankan Intel Kota Batu Malang karena Mintai Warga Uang


Seorang laki-laki bernama Suhatono diamankan jajaran Intel Korem 083 dan Deninteldam V/Brw setelah kedapatan melakukan penipuan dengan motif mencari sumbangan HUT TNI dan mengaku sebagai Anggota TNI berpangkat Mayor Chb, di Songgokerto, Kota Batu, pada Kamis siang, 30 September 2021, lalu.

Pelaku yang merupakan warga Kelurahan Pisang Candi, Sukun, Kota Malang ini mengaku sebagai Mayor Chb Suharto Prasetiawan.

Sementar itu, Danramil 0818/02 Kota Batu, Kapten Abdul Kodir mengatakan tertangkapnya Suharto berawal dari kecurigaan warga yang melihat gerak-gerik Suharto karena meminta-minta uang.

"Awal ada kecurigaan warga yang kemudian melapor ke Babinsa," ujar Abdul Kodir, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Instagram @jayalah.negriku pada Minggu, 3 Oktober 2021.

Anggota Babinsa yang datang ke lokasi kemudian melakukan pemeriksaan. Akhirnya, diketahui bahwa Suharto adalah TNI gadungan.

Sejumlah warga sempat meluapkan emosi kepada Suharto. Namun, petugas kemudian bergegas membawa Suharto ke Koramil 0818/02 Kota Batu.

Suharto menggunakan identitas palsunya untuk meminta uang kepada warga. Beberapa pihak yang dimintai uang adalah pengelola vila dan hotel. Alasan ia meminta uang adalah untuk sumbangan perayaan HUT TNI Angkatan Darat.

"TNI AD tidak pernah meminta-minta sumbangan untuk perayaan apapun," ucapnya.

Kepada warga, Suharto mengaku berpangkat Mayor. Meskipun ada keganjilan pada foto identitasnya. Dalam foto yang disimpan oleh Suharto, dirinya mengenakan seragam TNI AU berpangkat Letnan Dua.

Berbeda dengan foto identitas yang dikenakan di sisi seragamnya, yakni berseragam loreng dengan pangkat Mayor. Sedangkan sebelah kanan seragamnya, ada tanda nama S Prasetiawan. Di lengan kirinya ada badge Proovost.

Dari tangan Suharto, petugas menyita uang sebesar Rp435 ribu. Belum diketahui pasti apakah itu uang hasil meminta-minta atau uangnya sendiri.

Ada juga dokumen catatan uang ikut disita. Selain uang, petugas juga mengamankan satu unit motor yg dikendarai oleh Suharto. Penyelidikan kepolisian memastikan plat motor yang digunakan Suharto palsu dan dimodifikasi seperti plat kendaraan dinas.

Suharto bersama barang bukti kemudian dibawa ke Polres Batu untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Betul kami ada pelimpahan, dan kami masih dalami. Yg bersangkutan warga Kota Malang dan kerja sebagai sekuriti." kata Kasat Reskrim Polres Batu.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: TNI gadungan di Kota Batu, Malang mengaku sebagai Mayor Chb Suharto Prasetiawan akhirnya dibekuk petugas keamanan. /Instagram.com/@jayalah.negriku
Viral, Mengaku sebagai Suharto, TNI Gadungan Diamankan Intel Kota Batu Malang karena Mintai Warga Uang Viral, Mengaku sebagai Suharto, TNI Gadungan Diamankan Intel Kota Batu Malang karena Mintai Warga Uang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar