Breaking News

Kritik Penangkapan Mahasiswa UNS, Putri Gus Dur: Sekali Insiden, Tiga Kali Kebiasaan


Penangkapan 10 mahasiswa UNS yang membentangkan poster kritik pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke UNS pada Senin, 13 September 2021 masih menuai polemik.

Ditangkapnya 10 mahasiswa UNS tersebut semakin membuat masyarakat yakin jika pemerintahan Jokowi anti kritik, dan hobi membungkam publik.

Salah satu mahasiswa UNS yang ditangkap terlihat membentangkan poster bertuliskan "Pak Jokowi tolong benahi KPK".

10 mahasiswa UNS yang ditangkap sekira pukul 11.13 WIB, telah dilepaskan pada pukul setengah 4 sore.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM UNS) Zakky kepada Pikiran-Rakyat.com.

"Sudah dibebaskan tadi (pukul) setengah 4 (sore)," kata Zakky.

Meski mahasiswa UNS sudah dilepaskan Zakky tetap menyayangkan adanya persekusi terhadap masyarakat yang berniat ingin mengkritik Jokowi.

"Tapi, yang menjadi catatan, kami tetap menyayangkan tindakan atau sikap yang berlebihan dari aparat terhadap apa yang kami lakukan karena apa yang kami lakukan bukan kriminalitas, bukan perbuatan melawan hukum juga," ucapnya lagi.

Sejumlah tokoh negara bahkan ikut menyayangkan hal tersebut. Putri Gus Dur, Anita Wahid ikut mengkritik aksi represif aparat terhadap publik.

Menurutnya jika sekali terjadi hal itu bisa disebut sebuah insiden, namun jika sudah terjadi lebih dari tiga kali hal itu menjadi kebiasaan.

"One time is an accident/incident. Two times, it’s a coincidence. Three times, it’s a pattern (Sekali terjadi adalah sebuah insiden, dua kali terjadi itu koinsiden, tiga kali terjadi itu kebiasaan)" ujar Anita, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Twitter @AnitaWahid pada Selasa, 14 September 2021.

Ia pun memberikan sindirian lantaran aksi represif di era Jokowi terjadi berkali-kali.

"Eh, udah ke berapa kali ya ini?" katanya menambahkan.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mahasiswa UNS saat membentangkan poster berisi aspirasi agar Presiden Jokowi membenahi KPK pada 13 September 2021. Setidaknya ada 10 mahasiswa yang ditangkap aparat lantaran mengkritik Jokowi. Wartawan senior, Uni Zulfiani Lubis, atau kerap dipanggil Uni Lubis mengatakan tidakan aparat sudah berlebihan. /Dok. BEM UNS
Kritik Penangkapan Mahasiswa UNS, Putri Gus Dur: Sekali Insiden, Tiga Kali Kebiasaan Kritik Penangkapan Mahasiswa UNS, Putri Gus Dur: Sekali Insiden, Tiga Kali Kebiasaan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar