Breaking News

Produsen Ivermectin Buat BPOM Geram, Berikut Sejumlah ‘Dosa’ Pabrik Ivermax 12


Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito buka suara terkait pemblokiran PT Harsen Laboratories yang memproduksi obat Ivermectin dengan merek Ivermax 12.

Hal itu disampaikan Penny Lukito dalam konferensi pers Penggunaan dan Pengawasan Peredaran Ivermectin, Jumat 2 Juli 2021.

“Untuk meluruskan berita yang berkembang di medsos, perlu kami sampaikan bahwa kami sudah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan pembuatan Ivermectin produksi PT Harsen, dengan nama dagang Ivermax 12 ya,” tutur Penny Lukito.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tahap-tahap pembinaan terhadap produsen Ivermectin itu melalui inspeksi, komunikasi, sampai melayangkan berita acara perkara (BAP).

“Tapi sampai dengan saat ini, pemanggilan juga sudah pernah kami berikan, namun masih belum menunjukkan bahwa PT Harsen menunjukkan niatnya yang baik untuk memperbaiki pelanggaran-pelanggaran yang didapatkan,” kata Penny Lukito.

Dia pun membeberkan sejumlah aspek dari PT Harsen yang dinilai tidak memenuhi ketentuan BPOM.

“Pertama, penggunaan bahan baku Ivermectin dengan pemasukan yang tidak melalui jalur resmi, jadi kategorinya adalah tidak memenuhi ketentuan atau ilegal,” ujar Penny Lukito.

Kedua, PT Harsen mendistribusikan obat Ivermax 12 ini tidak dalam kemasan siap edar.

“Saya kira itu adalah dus kemasan yang memang sudah disetujui ya di dalam pemberian izin edar,” ucap Penny Lukito.

Ketiga, PT Harsen mendistribusikan obat Ivermax 12 ini tidak melalui jalur distribusi resmi.

Keempat, mencantumkan masa kedaluwarsa Ivermax 12 tidak sesuai dengan yang telah disetujui oleh BPOM.

“Yaitu, seharusnya dengan data stabilitas yang kami terima akan bisa diberikan 12 bulan setelah tanggal produksi. Namun, dicantumkan oleh PT Harsen untuk 2 tahun setelah tanggal produksi. Saya kira itu adalah satu hal yang critical ya, pada tanggal kedaluwarsa,” kata Penny Lukito.

Terakhir, PT Harsen mengedarkan obat yang belum dilakukan pemastian mutu dari produknya.

“Dan promosi obat keras hanya dibolehkan di forum tenaga kesehatan dan tidak boleh dilakukan di umum, promosi ke masyarakat umum langsung oleh farmasi tersebut, itu adalah suatu pelanggaran,” tutur Penny Lukito.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi farmasi. PT Harsen Laboratories yang memproduksi obat Ivermectin dengan nama Ivermax 12 ternyata melanggar banyak aturan BPOM. /Pixabay/luvqs
Produsen Ivermectin Buat BPOM Geram, Berikut Sejumlah ‘Dosa’ Pabrik Ivermax 12 Produsen Ivermectin Buat BPOM Geram, Berikut Sejumlah ‘Dosa’ Pabrik Ivermax 12 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar