Breaking News

Rachmawati Soekarnoputri, Politikus Ulung yang Jadi Mama Papua


Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7). Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan Rachma mengembuskan napas terakhirnya pukul 06.45 WIB di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat).

"Berita duka. Innalilahi wa innaillaihi rojiun. Pada 3 Juli 2021, sekira pukul 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," cuit Sufmi Dasco Ahmad.

Belum terdapat keterangan lebih lanjut mengenai penyebab serta rencana pemakaman Rachmawati Soekarnoputri.

Pemilik nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini lahir pada 27 September 1950. Putri proklamator Indonesia ini merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, sekaligus mendirikan Universitas Bung Karno bersama beberapa tokoh lainnya.

Dalam bidang politik, ia juga pernah mendirikan partai sendiri, yakni Partai Pelopor, dan tidak bergabung dengan kakaknya yakni Megawati Sukarnoputri dalam PDI Perjuangan.

Pada 2007 hingga 2009, ia dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden.

Di sepanjang perjalanan politiknya, Rachmawati pernah bergabung dengan Partai Nasdem pada 2013. Ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan tapi tak bertahan lama. Pada Agustus 2014, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mencopot jabatan itu karena dianggap tidak sejalan.

Keputusan tersebut diambil setelah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, jajaran Majelis Tinggi, dan jajaran Dewan Pertimbangan mengadakan rapat internal dan secara bulat memutuskan untuk memberhentikan Rachmawati dari kepengurusan.

Setelah keluar dari Nasdem, Rachmawati masuk Partai Gerindra dan diangkat menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi pada April 2015. Hingga pada September 2020, ia tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto.

Sejak Juni 2021, Rachmawati juga dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh Persipura Jayapura.

Kala itu, Rachma teringat pesan Bung Karno yang pernah disampaikan saat meresmikan Panitia Pembangunan Irian Barat, pada 24 September 1962.

Pembangunan Irian Barat, ujar Rachmawati menirukan Bung Karno, hanya dapat dilakukan dengan mengakumulasi segala upaya dan tenaga, baik moral maupun materil. Irian Barat kini dikenal sebagai Papua dan Papua Barat.

Sebelum ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Persipura, Rachmawati juga pernah mendapat gelar 'Mama Papua' dari tokoh Papua di Jakarta.

"[Semoga] kehadiran saya juga dapat lebih memberikan semangat dan energi baru kepada Persipura untuk dapat menjadi klub sepak bola yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Papua," ucap Rachmawati.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7). Berikut perjalanan karier politiknya. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Rachmawati Soekarnoputri, Politikus Ulung yang Jadi Mama Papua Rachmawati Soekarnoputri, Politikus Ulung yang Jadi Mama Papua Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar