Breaking News

Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan, TNI Siapkan Evakuasi Medis


Kapal Selam KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam setelah 72 jam pencarian oleh tim gabungan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan Kapal Selam KRI Nanggala 402 terdeteksi berada di kedalaman 700 hingga 800 meter di bawah permukaan laut.

Beberapa kepingan kapal dan barang ditemukan di sekitar lokasi terakhir KRI Nanggala.

“Kedalaman yang kita deteksi ada pada kedalaman 850 meter,” kata Yudo saat menggelar konferensi pers, Sabtu (24/4).

Kedalaman ini membuat penyelamatan dan evakuasi cukup sulit. Penyelamatan juga cukup riskan.

“Jadi sangat riskan dan sangat memiliki kesulitan yang tinggi,” kata Yudo.

Siapkan Evakuasi Medis

Yudo menaikkan status kapal selam KRI Nanggala 402 dari submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam).

Itu didasarkan pada sejumlah bukti otentik yang ditemukan tim pencarian di lapangan.

“Dengan adanya bukti-bukti otentik yang kini diyakini milik KRI Nanggala, pada saat ini kita isyaratakan untuk (naik) dari submiss kita tingkitkan menuju fase subsunk,” ujar Yudo.
 
“Pada fase subsunk nanti akan kita siapkan untuk evakuasi medis terhadp ABK yang kemungkinan masih selamat. Kita evakuasi baik nanti ke Surabaya atau nanti ke Banyuwangi nanti akan kita lanjutkan ke proses berikutnya,” tambahnya.

Sejumlah bukti yang dimaksud adalah ditemukan beberapa kepingan dan barang yang berada di sekitar lokasi terakhir KRI Nanggala.

Barang tersebut diyakini merupakan komponen yang melekat di dalam kapal selam.

“Dan ini tak akan terangkat apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo,” ungkap Yudo.

Berharap Ada Keajaiban

Setelah tenggelam selama 72 jam, oksigen pada kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan habis pada Sabtu (24/4) pukul 03.00 dini hari.

Meski begitu, tim evakuasi berharap ada keajaiban untuk keselamatan 53 awak kapal selam yang hilang kontak sejak Rabu lalu tersebut.

“Ada waktu sampai Sabtu sekitar pukul 03.00 pagi. Semoga kita bisa menemukannya sebelum itu,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono kepada wartawan dua hari lalu.

Direktur Eksekutif Lembaga Maritim Nasional Indonesia Siswanto Rusdi mengatakan kemungkinan orang yang selamat ditemukan di kapal selam itu sangat kecil.

Menurutnya, semakin dalam posisi kapal, semakin besar tekanannya.

“Skenario kasus terbaik adalah kru mengalami cedera parah seperti pecah pada gendang telinga dan pembuluh darah, dan skenario terburuk adalah mereka meninggal,” katanya seperti dikutip Straits Times.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: KRI Nanggala 402
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan, TNI Siapkan Evakuasi Medis Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan, TNI Siapkan Evakuasi Medis Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar