Breaking News

Kata Pakar, Aksi Walk Out Habib Rizieq Saat Sidang Diperbolehkan


Keputusan meninggalkan persidangan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Habib Rizieq Shihab bukan merupakan pelanggaran hukum.

Pada sidang perdana, Habib Rizieq memilih walk out karena dirinya memprotes sidang kasusnya digelar secara virtual yang berujung penundaan persidangan.

Menurut pandangan Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, hal yang dilakukan HRS sesungguhnya sah-sah saja.

"Tidak ada larangan untuk WO, jadi boleh," kata Fickar saat berbincang dengan Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (18/3).

"Lalu apakah itu merugikan dia atau tidak? Itu konsekuensi," sambungnya lagi.

Sebelumnya, dalam sidang tersebut, Habib Rizieq menolak melanjutkan persidangan. Alasannya karena sidang tetap digelar secara virtual.

"Maaf majelis hakim, kalau mau dipaksakan sidang online, saya menyatakan diri tidak mengikuti sidang," kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq kemudian meninggalkan persidangan dan menyebut tidak ingin mengikuti persidangan dan ingin kembali ke ruang tahanan.

"Tanpa tekanan bahwa saya tidak akan mengikuti sidang online dan sidang hari ini saya tidak akan mengikuti. Dengan demikian saya akan keluar dari ruangan," pungkas Habib Rizieq. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Habib Rizieq Shihab/Net
Kata Pakar, Aksi Walk Out Habib Rizieq Saat Sidang Diperbolehkan Kata Pakar, Aksi Walk Out Habib Rizieq Saat Sidang Diperbolehkan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar