Breaking News

Silsilah Keluarga Ma'ruf Amin: Keturunan Raja Jawa Tapi Ngaku Ingin Jadi Anak Presiden, Sindir Gibran?


Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin baru-baru ini mengatakan ingin jadi anak presiden. Pernyataan orang kedua RI ini sontak dinilai menyindir keluarga Presiden Joko Widodo. Pasalnya, Presiden Jokowi dianggap tengah membangun dinasti politik lewat anak-anaknya.

Anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai wakil presiden terpilih periode 2024-2029. Sedangkan anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep digadang-gadangkan bakal maju sebagai calon wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa manusia tak bisa memilih siapa orang tuanya. Ia pun berandai-andai jika anak bisa memilih siapa orang tua mereka, maka ia akan memilih menjadi anak presiden.

"Orang tidak bisa milih siapa bapaknya, siapa ibunya. Apa bisa milih? Kalau bisa milih, saya ingin jadi anak presiden. Tapi kan nggak bisa. Itu majbur (ditakdirkan Allah)," kata Ma'ruf Amin dalam pidatonya di pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI Se-Indonesia pada Rabu (29/5/2024).

Kata-kata yang meluncur dari mulut Ma'ruf Amin itu tentu langsung ramai diperbincangkan warganet. Tak sedikit pula yang penasaran dengan silsilah keluarga Ma'ruf Amin.

Silsilah Keluarga Ma’ruf Amin, Keturunan Prabu Siliwangi

Melansir dari laman resmi RRI, sesepuh Rukun Wangi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) menyebut bahwa Ma’ruf Amin merupakan seorang keturunan Raja Sumedang dari Prabu Geuran Ulun.

Ma’ruf Amin disebut merupakan keturunan ke-14 dari Prabu Geusan Ulun. Penobatannya dilakukan pada tahun 2019 lalu oleh keluarga besar RWS.

Sementara itu, Prabu Gaeusan Ulun adalah keturunan dari Prabu Siliwangi. Kakek Prabu Gaeusan Ulun, Sunan Corenda adalah cucu dari Prabu Siliwangi.

Adapun ayah Sunan Corenda adalah Sunan Parung. Sunan Corenda kemudian menikah dengan Nyi Mas Ratu Patuakan, keturunan dari pendiri kerajaan Sumedang.

Sebagai informasi, Ma’ruf Amin juga merupakan keturunan dari Nabi Muhammad. Hal ini didapatkannya dari Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati sendiri merupakan keturunan dari Prabu Siliwangi, berasal dari ibunya Syarifah Mudain atau Rara Santang. Adapun ibu Rara Santang adalah Nyimas Subang Larang, istri dari Prabu Siliwangi.

Sumber: suara
Foto: Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kiri) mencium tangan Wapres Ma’ruf Amin (kanan) di kediaman Wapres, Jakarta, Rabu (24/4/2024). [ANTARA FOTO/HO/Setwapres-Kevin/IES/wpa]
Silsilah Keluarga Ma'ruf Amin: Keturunan Raja Jawa Tapi Ngaku Ingin Jadi Anak Presiden, Sindir Gibran? Silsilah Keluarga Ma'ruf Amin: Keturunan Raja Jawa Tapi Ngaku Ingin Jadi Anak Presiden, Sindir Gibran? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar