Breaking News

Pasangan Anies-Pras Berpeluang Maju di Pilkada Jakarta, PKS Siap Berkoalisi dengan PDIP


Anies Baswedan berpeluang berpasangan dengan Prasetyo Edi Marsudi (Pras) untuk maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Diketahui saat ini PKS DKI telah resmi mengusulkan Anies untuk maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris Umum (Sekum) PKS DKI Jakarta Abdul Aziz mengatakan, Anies baru sebatas diusulkan oleh dewan pimpinan wilayah (DPW) ke dewan pimpinan pusat (DPP).

"Ya (Anies) baru usulan dari DPW DKI ke DPP," kata Aziz saat dihubungi Disway.id pada Kamis, 30 Mei 2024.

Dia menegaskan, terkait jadi atau tidaknya PKS DKI mengusung Anies di Pilkada Jakarta, keputusan ada di tangan DPP.

"Yang memutuskan DPP," ujarnya.

"Tapi nanti masyarakat yang menilai, melalui survei-survei sebelum ditetapkan," tambahnya.

Saat disinggung terkait pasangan Anies-Pras di Pilkada DKI, Aziz mengatakan pihaknya terbuka dengan partai manapun untuk berkoalisi, termasuk PDIP.

Diketahui Pras yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta merupakan politisi senior dari PDIP dan memiliki pengaruh kuat di Jakarta.

"Ya bisa saja karena PKS tidak bisa maju sendiri. Ya kami harus terbuka untuk semua usulan kawan koalisi," kata Aziz.

Aziz menegaskan, hingga kini PKS DKI masih melakukan negosiasi dengan calon partai koalisi terkait sosok yang bakal mendampingi Anies di Pilkada DKI.

"(Wakilnya) tergantung negosiasi dengan partai Koalisi," pungkasnya.

Kesempatan sebelumnya, Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin membeberkan alasan partainya membuka peluang besar untuk Anies di Pilkada Jakarta karena dia berstatus incumbent.

"Sangat mungkin (PKS usung Anies) karena sebagai incumbent," kata Khoirudin saat dikonfirmasi Disway.id pada Senin, 13 Mei 2024.

Namun, hingga kini PKS belum memutuskan siapa nama yang akan diusung di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024, mendatang.

"Masih dalam pendalaman semua calon," katanya.

Jika nanti resmi mengusung Anies sebagai calon gubernur (cawagub), PKS belum tahu siapa yang akan jadi calon wakil gubernur (cawagub). Bisa dari PKS atau dari partai koalisi.

"(Cawagub Anies) Semua masih dipelajari," pungkasnya.

Sumber: disway
Foto: Anies Baswedan berpeluang berpasangan dengan Prasetyo Edi Marsudi (Pras) untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.-dok disway-
Pasangan Anies-Pras Berpeluang Maju di Pilkada Jakarta, PKS Siap Berkoalisi dengan PDIP Pasangan Anies-Pras Berpeluang Maju di Pilkada Jakarta, PKS Siap Berkoalisi dengan PDIP Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar