Breaking News

Ahok Siap Jadi Timses Anies Jika Diusung PDIP?


Eks Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama belum mau berandai-andai jika nantinya PDIP mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Gubernur untuk di Pilkada DKI 2024. Termasuk juga soal potensi menjadi tim sukses (Timses).

Ahok mengaku masih menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menentukan nama yang akan diusung di Pilkada DKI. Di mana saat ini, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sedang mengkajinya.

"(Soal jadi Timses) silakan tunggu keputusan partai baru nanya," ujar Ahok saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (11/6/2024).

Ia pun mengaku sebagai kader PDIP harus bisa mematuhi apa yang menjadi keputusan partai. Menurutnya, DPD PDIP DKI sudah punya pertimbangan matang sebelum mengajukan nama Anies.

"Keputusan ada di DPP partai. Sebagai kader yang saya pahami harus patuh dan disiplin organisasi," kata Ahok.

Selain itu, ia juga menilai mekanisme untuk menentukan Cagub yang bakal diusung PDIP masih panjang. Apalagi, pertimbangannya tak bisa hanya dari internal PDIP sendiri.

Sebab, partai lambang banteng mancung putih itu tak bisa mengusung sendiri karena raihan kursi pada Pileg 2024 hanya 16 kursi. Karena itu, PDIP perlu membentuk koalisi agar bisa memenuhi syarat 22 kursi untuk bisa mengusung Cagub di Pilkada 2024.

"Yang pasti PDIP tidak bisa mencalonkan pasangan tanpa kerjasama dengan partai lain. Itu dulu faktanya," ujarnya.

Sebelumnya, Sektetaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan menyebut pihaknya telah mengirimkan rekomendasi nama-nama yang akan diajukan untuk Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) Jakarta. Salah satu nama di antaranya adalah eks Gubernur DKI Anies Baswedan.

Pantas mengatakan nama-nama yang direkomendasikan ini merupakan hasil penjaringan nama yang dilakukan DPD PDIP DKI beberapa waktu lalu. Pihaknya sudah mengajukan sejumlah nama ini kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies," ujar Pantas saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2024).

"(Disampaikan ke DPP PDIP) sudah lama malah ya sebelum Rakernas puncaknya disampaikan secara masal waktu Rakernas partai yang kemarin," lanjutnya menambahkan.

Selanjutnya, nama-nama yang diajukan termasuk Anies ini akan disaring lagi oleh DPP PDIP. Keputusan siapa Calon Gubernur (Cagub) yang akan diusung akan berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nanti DPP akan melakukan proses penyaringan. Mungkin nanti juga dibantu secara ilmiah. Juga sarana prasarana yang ada termasuk juga nanti hasil survei. Itu akan menjadi sangat penting," ucapnya.

Sumber: suara
Foto: Anies Basswedan dan Basuki Thahaja Purnama alias Ahok/Net
Ahok Siap Jadi Timses Anies Jika Diusung PDIP? Ahok Siap Jadi Timses Anies Jika Diusung PDIP? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar