Breaking News

Bagi-Bagi Kue Kekuasaan? Deretan Politisi yang Dapat Jatah Jabatan di Era Transisi Jokowi-Prabowo


Hal-hal seputar politik masih terus meramaikan pemberitaan. Banyak sekali berita politik yang menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik belakangan ini. Kali ini, kita akan mengulas mengenai daftar panjang politisi yang dapat jatah jabatan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Kira-kira, siapa sajakah nama-nama politisi yang masuk dalam daftar ini? 

Daftar Panjang Politisi yang Dapat Jatah Jabatan
Belum lama ini, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk seorang politisi bernama Fuad Bawazier menjadi komisaris utama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID, di mana pengangkatan Fuad tersebut ditetapkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Senin 10 Juni 2024. Perlu diketahui, Fuad Bawazier ini adalah anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Sebelumnya, Fuad juga pernah menjabat sebagai menteri keuangan pada 1998 di Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto.

Kemudian, nama lainnya yang masuk dalam jajaran komisaris MIND ID adalah Grace Natalie. Grace Natalie juga merupakan seorang politisi, yang menjabat sebagai wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Grace Natalie yang juga merupakan staf khusus Presiden Joko Widodo ini telah diangkat menjadi komisaris MIND. 

Di sisi lain, ada Simon Aloysius Mantiri yang merupakan anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, secara resmi telah ditetapkan sebagai Komisaris Utama Pertamina. Sebelumnya, Simon Aloyisus ini juga diketahui sempat menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Aloysius Mantiri dikukuhkan langsung menjadi Komut Pertamina dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina (Persero) yang dilaksanakan hari Senin 10 Juni 2024.

1. Fuad Bawazier, Komisaris Utama MIND ID
Fuad Bawazier lahir pada 22 Agustus 1949 di Tegal, Jawa Tengah. Dirinya merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), yang kemudian melanjutkan studinya di William College sebelum mendapat gelar doktor dari University of Maryland, Amerika Serikat. 

Karier profesional Fuad telah dimulai ketika dirinya menjadi asisten dosen di Fakultas Ekonomi UGM. Setelah itu, dedikasi dan komitmennya didunia politik dan ekonomi berhasil membawanya ke Departemen Keuangan Indonesia. Kemudian, dirinya juga diamanatkan sebagai Direktur Jenderal Pajak. 

Fuad juga tercatat sebagai mantan Menteri Keuangan di Kabinet Pembangunan VII Orde Baru, di mana pada saat itu dirinya menjadi Menteri Keuangan Indonesia ke-19 sekaligus yang terakhir di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Kemudian setelah masa Orde Baru, Fuad bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Fuad sempat menduduki sejumlah posisi di parlemen Indonesia, yaitu anggota MPR RI perwakilan PAN pada periode 1999-2004, dan anggota DPR RI dari perwakilan PAN periode 2004-2009.

Sementara itu dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2024, Fuad juga memiliki peran penting dalam kemenangan Prabowo sebagai Presiden Terpilih Indonesia periode 2024-2029. Fuad termasuk dalam anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, di bawah arahan Ketua Dewan Pakar Burhanuddin Abdullah.

2. Grace Natalie, Komisaris MIND ID
Perempuan kelahiran Jakarta pada 4 Juli 1982 ini memiliki nama lengkap Grace Natalie Louisa. Grace Natalie adalah anak dari Brata Ngadiman dan Anna Clementine dan saat ini menjadi istri dari Kevin Osmond. Grace menempuh pendidikan di SMA 3 BPK Penabur, lalu menempuh gelar sarjana di institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie (IBII) pada jurusan akuntansi. Sebelum terjun ke politik, Grace telah dikenal sebagai jurnalis yang kerap menjadi pembawa acara berita seperti di SCTV, ANTV, sampai TvOne. Lalu pada bulan Juni 2012, Grace Natalie resmi meninggalkan TVOne untuk menjadi CEO Saiful Mujani Research and Consulting.

Kemudian pada tahun 2014, Grace justru memutuskan untuk banting setir dan masuk ke dunia politik. Grace Natalie menjadi salah satu pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Ketua Umum pertama (2014-2021). Saat ini, dirinya menjabat sebagai wakil ketua dewan pembina partai tersebut. 

3. Simon Aloysius Mantiri, Komisaris Utama Pertamina
Sebagaimana dilansir dari laman LinkedIn, Simon Aloysius Mantiri merupakan seorang Personal Assistant to The CEO PT Nusantara Energy. Diketahui, perusahaan ini bergerak di bidang Pertambangan sebagai penyedia jasa khususnya di bidang konstruksi yang punya jangkauan luas dalam ruang lingkup nasional.

Pria asal Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara ini adalah Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Selain itu, dirinya juga masuk dalam ajaran pengurus Partai Gerindra Periode 2020-2025, di mana dirinya adalah salah satu anggota Dewan Pembina dari total 48 anggota. Itu artinya, Simon Aloysius adalah salah satu orang dekat Prabowo Subianto dan sudah bekerja lama dengan Presiden terpilih ini. 

Itulah beberapa nama yang masuk ke dalam daftar panjang politisi yang dapat jatah jabatan di era pemerintahan presiden Joko Widodo. Bagaimana menurut pendapat Anda? 

Sumber: suara
Foto: Bagi-Bagi Kue Kekuasaan? Deretan Politisi yang Dapat Jatah Jabatan di Era Transisi Jokowi - Prabowo Foto: Ist.
Bagi-Bagi Kue Kekuasaan? Deretan Politisi yang Dapat Jatah Jabatan di Era Transisi Jokowi-Prabowo Bagi-Bagi Kue Kekuasaan? Deretan Politisi yang Dapat Jatah Jabatan di Era Transisi Jokowi-Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar