Breaking News

Siapa Pemilik Rosalia Indah? Menhub Peringatkan Sanksi Tegas Pasca Kecelakaan Tol Batang


Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengungkapkan adanya kemungkinan sanksi pada perusahaan otobus Rosalia Indah jika benar terbukti mempekerjakan sopir bus lebih dari 8 jam dalam satu sesi. Hal ini menyusul kecelakaan yang menelan 7 orang korban jiwa di Tol Batang beberapa waktu lalu. Tapi sebenarnya, siapa pemilik Rosalia Indah hingga bisa muncul dugaan ini?

Secara umum, aturan yang ditetapkan adalah bahwa seorang sopir bus tidak boleh mengendarai busnya lebih dari 8 jam dalam satu sesi perjalanan. Jika peraturan ini dilanggar, pihak pemilik PO juga akan dimintai pertanggungjawaban, sebab turut meningkatkan risiko berkendara.

PO Rosalia Indah

Sebenarnya nama PO Rosalia Indah bukan nama baru dalam dunia transportasi Indonesia. Nama PO bus ini telah cukup lama malang melintang, dan menyajikan jasa layanan transportasi dengan armada yang mumpuni, hingga membuat popularitasnya tinggi di kalangan busmania.

Didirikan oleh Yustinus Soeroso pada 1983 lalu bersama dengan sang istri Yustina Rahyuni Soeroso, awalnya PO Rosalia Indah hanya memiliki satu armada saja dan melayani trayek Solo-Blitar pulang dan pergi.

Seiring berjalannya waktu bisnisnya terus berkembang, dan menambah jalur Jogja-Surabaya dan Blitar Malang. Perkembangan ini juga menjadikan nama Biro Perjalanan Umum Rosalia muncul, dan kemudian menjadi PT Rosalia Indah Transport pada tahun 2015 lalu.

Kini, Rosalia Indah Group telah diteruskan oleh generasi berikutnya, yakni FX Adimas Rosdian yang merupakan putra pertama dari sang pendiri.

Namanya pernah muncul ketika menanggapi keluhan kehilangan barang milik salah satu penumpang yang viral di media sosial, ketika mengajukan permintaan maaf dan akan melakukan investigasi secara internal pada masalah tersebut.

Tanggapan FX Adimas Rosdian atas Kecelakaan yang Terjadi

Selaku direktur dari PT Rosalia Indah Transport, pihaknya kemudian menyampaikan keprihatinannya atas kejadian tersebut. Adimas mengatakan penumpang yang selamat telah dievakuasi dengan armada bus lain.

Namun untuk bahasan tentang sopir bus yang mengantuk, pihak perusahaan belum mengeluarkan pernyataan resmi dan menyiratkan bahwa fokus yang dimiliki adalah pada penumpang yang terdampak langsung atas kejadian ini, baik keluarga penumpang yang meninggal dunia, dan penumpang yang selamat dan melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir.

Itu tadi sekilas tentang siapa pemilik Rosalia Indah yang armadanya mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu. Semoga hal serupa tidak terjadi lagi sebab dalam waktu dekat arus balik akan kembali meningkat, dan semua bisa sampai dengan selamat ke tujuannya masing-masing.

Sumber: suara
Foto: Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/4024). (ANTARA/HO-Humas Polda Jateng) - Siapa Pemilik Rosalia Indah? Menhub Peringatkan Sanksi Tegas Pasca Kecelakaan Tol Batang
Siapa Pemilik Rosalia Indah? Menhub Peringatkan Sanksi Tegas Pasca Kecelakaan Tol Batang Siapa Pemilik Rosalia Indah? Menhub Peringatkan Sanksi Tegas Pasca Kecelakaan Tol Batang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar