Breaking News

Warganet Tuding Penggelembungan Suara PSI yang Mendadak Tembus 3.13 Persen, Grace Natalie: Catatan Kami 2.66 Persen


Akibat melonjaknya perolehan suara dari Partai Solidaritas Indonesia di situs Sirekap, warganet mempertanyakan kondisi tersebut.

Diketahui raihan suara sementara PSI dalam Pileg DPR RI melonjak hampir 400 ribu dalam 6 hari terakhir.

Warganet tuding penggelembungan suara PSI yang mendadak tembus 3.13 persen, di mana hal ini dijawab oleh Grace Natalie merupakan sesuatu hal yang wajar.

Grace menjelaskan bahwa adanya selisih suara yang dihitung oleh pihaknya dengan apa yang ditampilkan di real count KPU, di mana terdapat selisih hingga 0.47 persen.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjelaskan jika dari perhitungan pihaknya mencatatkan 2.66 persen suara versi quick count.

Akan tetapi versi real count sementara KPU, PSI meraih 3.12 persen suara.

Grace juga mempertanyakan kenapa menyoroti perolehan suara PSI daja, sedangkan partai lalinnya juga mengalami hal yang sama, salah satunya adalah partai Gelora.

Sedangkan Idham Holik selaku Komisioner KPU RI menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan koreksi atas kesalah data raihan suara yang masuk di Sirekap.

Idham juga menegaskan perolehan suara resmi partai politik mengacu kepada hasil rekapitulasi suara manual berjenjang, mulai dari tingkat TPS hingga KPU RI.

Adanya meningkatan jumlah suara PSI, salah satu netizen mencoba untuk melakukan perbandingan antara form C dengan hasil KPU.

“Saya menemukan ada beberapa (100 TPS dahulu) perbedaan input sirekap dengan form C yang diunggah, pada https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara/wilayah, terutama untuk suara PSI karena saya penasaran dengan naiknya suara PSI secara drastic,” tulis akun X@kochenglatte

Selain itu akun tersebut juga menyertakan hasil perbandingan suara PSI yang dituding terjadi penggelembungan hingga ratusan persen dari suara aslinya.

Netizen lainnya menuding adanya pengalihan suara partai lain ke PSI, sehingga terjadinya peningkatan suara dari parttai yang di ketuai oleh Kaesang Pangarep ini.

“Saya punya banyak bukti data hanya dari satu kecamatan @grace_nat @psi_id. Kalau saya bredel kecurangan di satu kabupaten, lebih banyak lagi bukti suara tidak sah yg dialihkan ke partai anda,” tulis akun X@krtknof.

Sumber: disway
Foto: Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie/Net
Warganet Tuding Penggelembungan Suara PSI yang Mendadak Tembus 3.13 Persen, Grace Natalie: Catatan Kami 2.66 Persen Warganet Tuding Penggelembungan Suara PSI yang Mendadak Tembus 3.13 Persen, Grace Natalie: Catatan Kami 2.66 Persen Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar