Breaking News

Pria Aceh Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Polsek Samalanga, Kapolsek dan Personel Diperiksa


Sebuah video memperlihatkan pria mengibarkan bendera bulan bintang di Polsek Samalanga, Bireuen, Aceh, beredar di media sosial. Diketahui, bendera bulan bintang merupakan bendera yang dipakai Gerakan Aceh Merdeka (GAM) saat konflik Aceh.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @bangsaaceh, terlihat sejumlah pria datang ke Polsek menggunakan mobil. Di depan mobil tampak terpasang bendera bulan bintang.

Kemudian pria mengenakan pakaian hijau army membawa bendera itu menuju ke pagar. Mereka mengikat bendera di pagar Polsek. Terlihat pula seorang anggota polisi berada di lokasi sambil menelpon. Polisi tersebut tampak tidak bisa berbuat apa-apa.

Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko mengatakan pengibaran terjadi pada Jumat 29 Maret 2024. Pelaku pengibaran berinisial NS alias ND dan kawan-kawan. Jatmiko menyebut pengibaran bendera itu diduga pelaku tidak puas dengan penanganan kasus yang dilaporkan ke Polsek Samalanga.

"Kasus penganiayaan tersebut dilaporkan ke Polsek Samalanga pada 4 Oktober 2023," katanya melansir Antara, Minggu (31/3/2024).

Menurutnya, kasus itu tersebut sudah ditangani sesuai prosedur. Dalam kasus itu, tersangka penganiayaan dan barang bukti telah diserahkan ke jaksa.

"Kasus itu sudah ditangani kepolisian sesuai prosedur. Berkas perkara beserta tersangka penganiayaan dan barang bukti sudah dilimpahkan ke kejaksaan," ucap Jatmiko.

Jatmiko mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Kapolsek serta personel yang piket saat hari kejadian.

"Pemeriksaan internal tetap dilakukan. Apabila ada indikasi ketidakprofesionalan anggota dalam penanganan kasus yang mendasari kejadian ini, maka Kapolsek dan personel akan diproses sesuai aturan," jelasnya.

Pasca pengibaran bendera itu, Jatmiko mengaku melakukan langkah-langkah persuasif didampingi Pj bupati serta tokoh masyarakat Kamtibmas tetap terjaga.

"Kami mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, terlebih pada bulan suci Ramadan ini, sehingga tercipta keamanan dan keamanan masyarakat dalam beribadah," kata Jatmiko.

Sumber: suara
Foto: Bendera Bulan Bintang di Polsek Samalanga. [Instagram @bangsaaceh]
Pria Aceh Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Polsek Samalanga, Kapolsek dan Personel Diperiksa Pria Aceh Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Polsek Samalanga, Kapolsek dan Personel Diperiksa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar