Breaking News

Warga Turun Tangan Selamatkan Medan Zoo, Bobby Sudah Ngapain Saja?


Ratusan relawan turun tangan membantu menyelamatkan Medan Zoo yang kondisinya kian memprihatinkan. 

Aksi penyelamatan yang dilakukan ialah dengan bersih-bersih, menyumbangkan sejumlah barang penunjang keselamatan hewan, hingga mengumpulkan donasi. Aksi ini dilakukan pada Rabu (24/1) lalu.

“Jadi sebelumnya, kami membuat pendaftaran untuk mengisi formulir relawan dan alhamdulillah ada sekitar 200 lebih relawan yang ikut hadir dalam aksi bersih bersih Medan Zoo beberapa waktu lalu,” kata Koordinator Kegiatan Bersih-bersih oleh Influencer untuk Medan Zoo, Eko Kurniawan Rore, Jumat (2/2).

“Dan di mana acara ini inisiasi dari influencer Kota Medan yang peduli terhadap kondisi Medan Zoo saat ini,” sambungnya.

Eko mengatakan, aksi bersih-bersih juga diikuti dengan pengumpulan donasi. Donasi nantinya akan digunakan untuk biaya pakan satwa dan membantu pekerja Medan Zoo yang gajinya sudah macet sejak lima bulan belakangan.

“Alhamdulillah setelah bersepakat buat aksi dan membuka donasi banyak respons positif dari beberapa donatur kita yang notabenenya dari komunitas, pengusaha, influencer, pelajar, mahasiswa yang ikut andil dalam donasi ini. Dan uang terkumpul mekanisme nanti gimana caranya, fokus kita untuk acara ini adalah untuk satwa,” kata dia.

“Kemudian selebihnya kita juga baru fokus ke infrastruktur, kita akan bantu beberapa hal, kemarin kita sudah sumbang kulkas dan alat pendingin makanan hewan dan alat menyimpan makanan hewan agar tetap segar,” sambungnya.


Meski begitu, kata Eko, aksi bersih-bersih tak hanya bisa dilakukan satu kali. Sebab, mengingat Medan Zoo sangat luas. Medan Zoo memiliki luas sekitar 30 hektare.

“Kalau kita targetnya satu hari untuk semua area saya pikir mustahil karena areanya luar biasa luasnya tapi kita upaya ini memang bisa bersih, terang, Medan Zoo ini,” tuturnya.

Mereka tergerak karena melihat Medan Zoo yang memprihatinkan. Banyak kandang tak terawat, bahkan satwanya juga demikian.

Terbaru, 4 harimau mati dalam waktu 3 bulan. Gaji karyawan pun tertunggak selama berbulan-bulan.

Lantas, pertanyaannya, sudah ngapain saja Wali Kota Medan, Bobby Nasution melihat kondisi ini?

Medan Zoo adalah kebun binatang milik Pemko Medan yang dinaungi oleh Perusahaan Umum Daerah (PUD)Pembangunan Kota Medan.

Bobby mengaku akan segera merevitalisasi Medan Zoo. Rencananya, Medan Zoo juga akan ditutup pada bulan Februari ini untuk perbaikan.

“Medan Zoo kita rencanakan dari jauh-jauh hari mulai dari infrastrukturnya ada komentar lainnya, saya bilang kalau mau menolong satwanya datang ke Medan Zoo walaupun kondisinya seperti itu lah perbaikannya harus kita lakukan,” kata Bobby pada Selasa (30/1) lalu.

“Medan Zoo akan kita tutup untuk renovasi, bulan Februari (akan mulai renovasi),” kata dia.

Sumber: kumparan
Foto: Relawan melakukan aksi bersih-bersih di Medan Zoo. Foto: Dok. Istimewa
Warga Turun Tangan Selamatkan Medan Zoo, Bobby Sudah Ngapain Saja? Warga Turun Tangan Selamatkan Medan Zoo, Bobby Sudah Ngapain Saja? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar