Breaking News

Rocky Gerung Blak-blakan Tanggapi Performa Ketiga Paslon Saat Debat Capres Terakhir: Kesejukan Ada Pada Prabowo


Rocky Gerung selaku pengamat politik tanggapi performa ketiga pasangan calon (paslon) saat debat calon presiden yang terakhir yang digelar pada tanggal 4 Februari 2024.

Adapun closing statement dari Prabowo Subianto menjadi sorotan publik, lantaran ia menyampaikan permohonan maaf kepada Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Dalam debat terakhir itu terlihat lebih kalem dibandingkan dengan debat capres sebelumnya yang saling serang.

Menurut Rocky Gerung, statement Prabowo sangat tulus dalam menyampaikan permintaan maafnya terhadap paslon lain.

"Di debat terakhir ini, di closing statement ketulusan ada pada Prabowo, yes anda boleh hina." ungkap Rocky Gerung.

"Tetapi seseorang yang angkuh dan tiba-tiba menundukkan kepala serius mengatakan saya minta maaf pada pak Anies tuh, itu tuh soalnya," lanjutnya menambahkan.

Lanjut ia menilai bahwa Prabowo disoroti publik dalam dimensi emosi, namun ia terlihat sejuk dalam debat terakhir.

"Dia berupaya satu periode, satu putaran tapi dia tau publik menyoroti dia dalam dimensi emosi" tutur Rocky Gerung.

Sedangkan ia menilai Ganjar dalam penutupan pernyataannya dinilai angkuh oleh Rocky Gerung karena seperti kembali menyudutkan Prabowo.

"Kesejukan ada pada Prabowo, kecerdasan ada pada Anies, Ganjar keangkuhan." kata Rocky Gerung.

"Apa yang dia bilang tadi? Ditujukan khusus kepada Prabowo. Jangan pilih seseorang yang pernah membunuh, melanggar hak asasi manusia. Nggak ada hak sedikit pun Ganjar bicara itu,” katanya lagi.

Hal ini teringat akan closing statement Ganjar pada saat debat terakhir lalu.

"Lima tahun yang lalu, dalam debat capres 2019 saya tim Kampanye Joko Widodo. Beliau menyampaikan dan kita diingatkan untuk tidak memilih calon (pemimpin) yang punya potongan diktator dan otoriter, dan yang punya rekam jejak melanggar HAM, yang punya rekam jejak untuk melakukan kekerasan, yang punya rekam jejak masalah korupsi." ungkap Ganjar saat closing statement debat capres terakhir.

"Saya sangat setuju apa yang beliau sampaikan agar kriteria ini menjadi pegangan kita dalam memilih pemimpin," papar Ganjar.

Sedangkan, Prabowo saat closing statement menyatakan permintaan maaf kepada paslon-paslon lain.

"Kita baru saja beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat, penuh dengan kontestasi, kadang-kadang penuh dengan kata-kata yang keras. Tetapi itikad kita baik. Saya kira tiga paslon semuanya ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia," papar Prabowo saat closing statement debat capres kelima.

"Karena itu, saya atas nama Prabowo-Gibran dan atas nama KIM, minta maaf kepada paslon 1 Pak Anies-Muhaimin dan paslon 3 Pak Ganjar-Mahfud, seandainya dalam kampanye ini ada kata-kata kami atau perbuatan kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," katanya melanjutkan. (*)

Sumber: kilat
Foto: Sosok Rocky Gerung yang soroti debat capres terakhir. (Instagram/ @rocky.gerung_)
Rocky Gerung Blak-blakan Tanggapi Performa Ketiga Paslon Saat Debat Capres Terakhir: Kesejukan Ada Pada Prabowo Rocky Gerung Blak-blakan Tanggapi Performa Ketiga Paslon Saat Debat Capres Terakhir: Kesejukan Ada Pada Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar