Breaking News

Gurita Bisnis Darma Mangkuluhur Hutomo, Cucu Soeharto dengan Kekayaan Triliunan


Anak taipan Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo viral setelah laki–laki 25 tahun itu mengeluarkan dana sebesar Rp1,2 triliun untuk pembangunan lapangan golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Gurita bisnis Darma Mangkuluhur Hutomo pun disorot mengingat dirinya adalah cucu Presiden Soeharto yang terkenal sangat kaya. Tommy bahkan membangun bisnisnya sendiri. Salah satu yang paling fenomenal adalah Mobil Timor di era 1980-an. 

Darma diketahui mengeluarkan duit triliunan itu melalui PT Intra Golf Link Resorts (IGR), tempat ia menjadi komisaris. Sayangnya, tak diketahui berapa jumlah harta yang dimiliki Darma Mangkuluhur. Hanya saja, kekayaan cucu Soeharto itu berasal dari beberapa sumber. Pertama, ia merupakan komisaris di IGR yang saat ini telah memiliki tiga lapangan golf.

Mulai dari Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, hingga Black Rocks Golf Belitung. Adapun pembangunan senilai triliunan rupiah itu, menurut Darma, karena pihaknya melihat peluang besar di bidang olahraga golf.

IGR sendiri mencatat pengunjung lapangan mereka naik dari 88.331 orang pada 2020 menjadi 124.020 orang pada akhir tahun 2023. Darma pun menyebut rata-rata yang datang ke lapangan mereka adalah para pegolf muda.

Darma juga mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memelihara golf agar bisnis IGR bisa bertahan. Oleh karena itu, ia berani berinvestasi dengan nilai besar demi meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

Di sisi lain, sumber kekayaan Darma juga berasal dari Lounge in The Sky (LITS). Restoran yang dibuka pada tahun 2022 lalu itu menyajikan konsep mewah dengan pemandangan cahaya kota Jakarta dari ketinggian 50 meter.

Restoran tersebut adalah proyek kolaborasi Humpuss Land dan DITS Asia. Darma sendiri merupakan Presiden Humpuss Land. Adapun untuk menikmati Lounge in the pengunjung perlu membayar sekitar Rp1,6 juta - Rp3,7 juta.

Sebelum membangun restoran mewah itu, Darma Mangkuluhur lebih dulu mendirikan BOCARICA Tapas Bar & Lounge. Tempat ini dibuka kala Darma baru menyelesaikan studi S1 di EU Business School, Barcelona, Spanyol.

BOCARICA Tapas Bar & Lounge sendiri menawarkan menu spesial ala Spanyol yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Harga makanan yang mengandalkan rasa pedas itu dibanderol mulai dari Rp 60 ribu.

Tak hanya di IGR, Darma Mangkuluhur juga menjadi komisaris di salah satu bisnis properti milik ayahnya, yakni PT Wisma Purnayudha Putra. Perusahaan milik Tommy Soeharto ini menjual apartemen, hotel, hingga gedung.

Salah satu proyeknya yang terkenal adalah Mangkuluhur City di wilayah Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Semasa kuliah, Darma diketahui sering bolak-balik Spanyol-Indonesia untuk mengurus berbagai proyek di sana.

Misalnya saja saat membangun rumah murah bersinergi dengan pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab. Bukan hanya bergelut di ranah bisnis, Darma Mangkuluhur turut aktif dalam dunia balap sejak usianya masih 8 tahun.

Ia disebut-sebut pernah mengikuti berbagai kompetisi di tingkat nasional hingga internasional. Di antaranya, Darma Mangkuluhur kerap menjadi peserta Asia Karting Open Championship 2012 serta Asian Formula Renault 2015.

Sumber: suara
Foto: Anak Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo. [Instagram/darmamh]
Gurita Bisnis Darma Mangkuluhur Hutomo, Cucu Soeharto dengan Kekayaan Triliunan Gurita Bisnis Darma Mangkuluhur Hutomo, Cucu Soeharto dengan Kekayaan Triliunan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar