Breaking News

Aktor Pungli di Rutan KPK Tunjuk "Lurah" untuk Mengumpulkan Uang Tahanan


Kasus sidang putusan etik pungli di Rutan KPK membuka tabir baru mengenai sosok yang diduga kuat mengawali praktik lancung itu. Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyebut nama Hengki yang diduga menjadi pionir pembentukan jaringan tarikan pada tahanan itu sejak 2018. Kini, KPK sedang memburunya.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean usai sidang putusan etik 78 pegawai KPK Kamis (15/2) menyebut nama Hengki. Tumpak menyebut Hengki adalah biang perkara pungutan kepada tahanan koruptor selama meringkuk di rutan KPK. Hengki sebelumnya merupakan ASN dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) dan diperbantukan di KPK. ’’Saudara Hengki dulu pernah sebagai penyidik KPK. Lalu dipekerjakan di Rutan KPK,’’ katanya.

Hengki saat itu sebagai koordinator keamanan dan ketertiban di rutan. Dia kemudian menunjuk beberapa orang yang dikenal dengan sebutan ’’lurah’’. Istilah ini digunakan para pegawai KPK yang terlibat aksi pungli dan ditunjuk sebagai pengepul duit. ’’Tapi informasinya, saat ini yang bersangkutan pindah jadi ASN di Pemda DKI,’’ ungkap Tumpak.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan, pihaknya tak bisa meminta pertanggungjawaban Hengki dalam sidang putusan yang digelar. Sebab, yang bersangkutan sudah pindah ke Pemda DKI, bukan lagi sebagai pegawai KPK. Namun, Albertina menyebut, KPK bisa tetap mengusut Hengki dengan menelisik kasus tindak pidana korupsi.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri memastikan pihaknya akan mengejar Hengki. Pihaknya akan mengusut kiprahnya saat menjadi petugas di Rutan KPK. ’’Nanti KPK pasti akan mengambil tindakan kepada yang bersangkutan,’’ paparnya. Dalam perkara ini, KPK menyebut sudah menyepakati dalam gelar perkara untuk naik ke tahap penyidikan. Dan biasanya di perkara KPK status tersebut sudah ada tersangka yang ditetapkan.

Di luar itu, Ali mengatakan saat ini KPK juga sedang fokus dalam perbaikan keamanan di rutan. Khususnya dengan rutin melakukan sidak ke Rutan KPK dan menambah pemasangan CCTV. ’’Agar tidak terdapat blind spot area,’’ terangnya.

Sumber: jawapos
Foto: Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
Aktor Pungli di Rutan KPK Tunjuk "Lurah" untuk Mengumpulkan Uang Tahanan Aktor Pungli di Rutan KPK Tunjuk "Lurah" untuk Mengumpulkan Uang Tahanan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar