Breaking News

Wasekjen Demokrat Buka-bukaan Data Kualitas Jalan Jokowi: Era SBY Jauh Lebih Baik, Sekarang Melorot!


Wasekjen DPP Partai Demokrat Irwan Fecho menilai kritik Anies Baswedan soal pembangunan jalan di era Presiden Jokowi memang perlu dipersoalkan.

Pangkalnya Demokrat melihat ada hal yang perlu disorot soal pembangunan jalan oleh Jokowi selama 8 tahun berkuasa, baik mengenai nilai kemantapan atau kualitas hingga apakah betul-betul mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

"Mas Anies memandang infrastuktur untuk rakyat kecil ini sangat prioritas, ini kan bicara isu strategis dan skala prioritas."

"Ya memang Pak Jokowi ini delapan tahun prioritasnya bangun tol. Bangun jalan berbayar, nah Mas Anies ini melihatnya ini adalah isu penting. Makanya disampaikan," kata Irwan disitat AKI Pagi, Selasa 23 Mei 2023.

Demokrat lantas membuka data soal kemantapan jalan di era Presiden Jokowi berdasarkan PUPR. Kata dia, kemantapan jalan 2014 yang diwariskan SBY ketika itu 94,43 persen.

Sementara saat Jokowi berkuasa 8 tahun angkanya justru makin turun menjadi 91,4 persen. Bahkan dia juga menyebut ada potensi kerugian negara di sana.

"Bahkan jelas kajian KPK kok, bahwa pembangunan tol era Pak Jokowi ada potensi kerugian negara Rp 4,5 triliun," katanya.

Hal berikutnya berkaitan dengan data Logistics Performances Index (LPI), saat 2014, ada di posisi 53, tetapi kini hanya ada di urutan 66.

"Artinya turun melorot, artinya dampak pembangunan infrastukutur tak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Itu audit BPK lho, mungkin karena jalan-jalan yang dibangun Jokowi belum tekoneksi ke bandara, pelabuhan, atau sektor-sektor pusat ekonomi rakyat," kata dia.

"itulah pentingnya mana prioritas, karena bangun jalan tol itu butuh dana besar. Sementara korbannya jalan gratis non berbayar lagi. Apalagi kemantapan jalan tak bisa tertangani," katanya.

Data berikutnya yang dilontarkan Demokrat soal kualitas jalan era Jokowi yakni kemantapan di provinsi, kabupaten, dan perkotaan.

"Data PUPR di 2019, untuk kemantapan jalan provinsi hanya 68 persen, untuk kabupaten 54 persen, dan jalan-jalan perkotaan 78 persen," katanya.

Sumber: poskota
Foto: Kolase SBY dan jokowi/Net
Wasekjen Demokrat Buka-bukaan Data Kualitas Jalan Jokowi: Era SBY Jauh Lebih Baik, Sekarang Melorot! Wasekjen Demokrat Buka-bukaan Data Kualitas Jalan Jokowi: Era SBY Jauh Lebih Baik, Sekarang Melorot! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar