Breaking News

Wow!! Jam Tangan Pejabat Bea Cukai Makassar Rp 385 Juta


Ibarat gunung es, kasus kekayaan tak wajar yang dimiliki mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo (RAT) dan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto kini merembet ke pejabat lainnya.

Kali ini harta kekayaan milik Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono turut disoroti publik. Bagaimana tidak disoroti, Andhi Pramono pernah mengenakan barang yang harganya cukup melejit.

Pada salah satu fotonya yang beredar di media sosial, Andhi Pramono diduga mengenakan cincin Royale Blue Shafire dan jam tangan mewah yang diduga jam tangan Rolex Yacht Master II 44MM Two Tone Rose Gold.

Lantas berapa harga jam tangan mewah itu?

Berdasarkan penelusuran Monitor Indonesia pada laman rolex.com, jam tangan yang dikenakan Andhi Pramono itu mirip jam tangan Rolex Yacht Master II 44MM Two Tone Rose Gold, yang harganya sekitar Rp 358.425.000.

Diberitakan sebelumnya, nama Andhi viral di media sosial usai sebuah postingan di Twitter memperlihatkan sebuah rumah mewah di kawasan Cibubur yang diduga miliknya.

Atas hal itu berujung pada pemeriksaan oleh Kementerian Keuangan terkait kepemilikan harta Andhi yang fantastis senilai Rp13,7 miliar.

“Iya sudah dipanggil ke pusat untuk melakukan klarifikasi,” kata Kepala Bea Cukai Sulbagsel Nugroho kepada wartawan, Rabu (8/3).

Harta Andhi itu berdasarkan Laporan LHKPN terakhirnya yang dilaporkan pada 16 Februari 2022 untuk periodik 2021.

Selain itu, didapati pula bahwa sebagian besar harta kekayaannya ini berupa tanah dan bangunan.

Dirinya juga tercatat memiliki 15 aset tanah dan bangungan dengan total nilai mencapai Rp 6,98 miliar.

Adapun aset berupa tanah dan bangunan miliknya ini tersebar di Kab./Kota Salatiga, dan Kab./Kota Karimun, Kab./Kota Batam, Kab./Kota Bekasi, Kab./Kota Jakarta Pusat, Kab./Kota Bogor, Kab./Kota Banyuasin, dan Kab./Kota Cianjur.

Kemudian, Andhi juga tercatat memiliki 13 alat transportasi dan mesin berupa 9 unit mobil dan 4 unit motor dengan total nilai mencapai Rp 1,84 miliar.

Sedangkan untuk kendaraan yang dimilikinya berupa mobil Mini Moris Sedan, Fiat Sedan, Toyota Corolla, Honda Brio, Ford Sedan, Chevrolet Sedan, Austin Sedan, dan Toyota Jeep. Sedangkan untuk motor dirinya tercara memiliki Honda Sepeda Motor, Honda Beat, dan 2 Piagio Vespa

Kemudian Andhi Pramono juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 706,5 juta, surat berharga senilai Rp 2,99 miliar, hingga kas dan setara kas 1,21 miliar.

Sementara itu tercatat tidak memiliki hutang dalam bentuk apapun. Jadi bila dihitung secara keseluruhan, total harta kekayaan yang dimiliki Andhi Pramono senilai Rp 13.753.365.726.

Sementara itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebut telah melaporkan ke KPK soal temuan harta kekayaan tidak wajar milik Kepala Bea-Cukai Makassar Andhi Pramono.

PPATK menduga Andhi juga menggunakan nominee. “Ya, dugaan demikian,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada wartawan, Rabu (8/3).

Selain itu, PPATK juga rupanya telah melaporkan dugaan harta tidak sesuai profil milik Andhi Pramono kepada KPK.

“Ya kami sudah kirim HA (hasil analisis) ke KPK sejak awal 2022 atas nama yang bersangkutan,” tandas Ivan. 

Foto: Andhi Pramono diduga mengenakan jam tangan Rolex Yacht Master II 44MM Two Tone Rose Gold (Foto: Doc MI)
Wow!! Jam Tangan Pejabat Bea Cukai Makassar Rp 385 Juta Wow!! Jam Tangan Pejabat Bea Cukai Makassar Rp 385 Juta Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar