Breaking News

Viral Pawai Obor Sambut Ramadhan 1444 H di Petamburan Diblokade Polisi


Ratusan massa yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan (ormas) dan kelompok pengajian menggelar pawai obor menyambut bulan suci Ramadhan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat pada Minggu 19 Maret 2023 malam.

Kegiatan pawai obor itu disebut diblokade oleh pihak kepolisian.

Informasi terkait blokade itu diunggah pada akun YouTube REBORN TV dalam video berjudul Petamburan !! 'Diblokade Ribuan Aparat Gabungan !! Pawai Obor Akhirnya...'.

Dalam video terseut terlihat ratusan massa berhenti di tengah-tengah jalan lantaran massa tidak bisa melewati jalan.

Video juga menampilkan ratusan polisi yang bersiaga di kawasan tersebut, terlihat juga traffic cone atau barrier pembatas jalan juga terjajar menghalangi warga untuk melewati jalan tersebut. Sementera di belakangnya juga terlihat kawat berduri yang terpasang.

Massa juga terlihat mengenakan pakaian berbusana muslim juga terlihat berkomunikasi dengan pihak kepolisian di titik tersebut. Video pada akhirnya menampilkan massa yang berputar balik untuk tidak melintasi jalan tersebut.

MNC Portal Indonesia mencoba menghubungi Kuasa Hukum Habieb Rizieq, Azis Yanuar terkait hal ini. Menurutnya, ratusan massa bukan berasal dari Front Persaudaraan Islam namun dari berbagai ormass dan kelompok pengajian umat Islam.

"Benar itu kejadian hari ini, itu umat islam dari berbagai ormas dan kelompok pengajian, tapi ini bukan Front Persaudaraan Islam," kata Azis Yanuar, Minggu (19/3/2023).

Dari informasi yang didapatkannya, blokade dilakukan lantaran ada organisasi masyarakat yang belum terdaftar. Namun demikian dia belum bisa memastikan hal tersebut.

"Itu diduga bentuk pelaporannya (ormas belum terdaftar), belum tau juga pastinya. Namun apakah ini bentuk alergi terhadap budaya dan giat umat islam?," ujar Azis.

Sementara, MNC Portal Indonesia mencoba menghubungi Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kapolsek Tanah Abang dan Dirlantas Polda Metro Jaya terkait hal ini. Namun demikian belum ada jawaban atas ikhwal peristiwa tersebut.

Sumber: okezone
Foto: Pawai obor di Petamburan diblokade polisi (Foto: tangkapan layar)
Viral Pawai Obor Sambut Ramadhan 1444 H di Petamburan Diblokade Polisi Viral Pawai Obor Sambut Ramadhan 1444 H di Petamburan Diblokade Polisi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar