Breaking News

Rocky Gerung: Sampai 27 Turunan, Hakim Daerah Tak Mampu Beli Velg Rubicon


Akademisi Rocky Gerung meminta agar gaji hakim dinaikkan. Rocky meminta gaji para hakim, terutama yang di daerah, dinaikkan 30 kali lipat dari pegawai Pajak.

Hal itu disampaikan Rocky saat menjadi pembicara dalam peringatan HUT ke-70 Ikatan Hakim Indonesia, Senin (20/3/2023). Rocky mulanya bicara problematika hakim untuk menjadi hakim yang berintegritas. Menurut dia, kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi menjadi salah satu penyebab hakim mudah tergoda korupsi.

"Hakim di daerah gajinya berapa, Rp 7, 10 juta. Sampai 27 turunan dia nggak bakal mampu beli velg Rubicon, yang bahkan untuk pergi ke pengadilan dia mesti nebeng mobilnya si pengacara. Karena dia nggak punya mobil disediakan negara. Itu kondisi kita. Jadi kalau kita mau rasional pastikan bahwa basic needs hakim-hakim di daerah itu terpenuhi. Jangan kasih dia rumah enggak kasih dia sofa, dia enggak punya lemari. Hari ini dia mau bersidang bajunya habis dicuri maling jadi problem real itu ada," kata Rocky.

Rocky melanjutkan, tidak mungkin bicara integritas jika kebutuhan dasar hakim tidak terpenuhi. Karena itu, dia meminta agar gaji hakim dinaikkan 30 kali lipat dari gaji petugas Pajak.

"Kasih dia fasilitas supaya dia tidak diganggu oleh bangsat-bangsat di sekitarnya. Persiapkan dengan baik infrastrukturnya. Apa yang bisa dilakukan? Beri gaji 30 kali lipat dari gaji petugas Pajak. 30 kali lipat. Hakim memproduksi keadilan, petugas Pajak merampok keadilan," ujarnya.

Rocky pun lantas membeberkan alasan hakim gampang tergoda bergaya hidup mewah. Sebab, menurutnya, para hakim di daerah merasa rendah diri di kalangan para pejabat lainnya.

"Kalau hakim tidak dimuliakan dia akan berubah needs-nya menjadi want dia akan ubah kebutuhan dia menjadi keinginan. Itu artinya korupsi, korupsi terjadi kalau ini kebutuhan berubah menjadi keinginan, kebutuhan untuk memenuhi hal yang rasional dalam hidupnya langsung untuk hal-hal yang irasional. Ngapain petugas pajak punya Rubicon mau ngapain itu," pungkas Rocky.

Sumber: detik
Foto: Rocky Gerung saat menjadi pembicara dalam peringatan HUT ke-70 Ikahi. (Tangkapan Layar YouTube Ikahi)
Rocky Gerung: Sampai 27 Turunan, Hakim Daerah Tak Mampu Beli Velg Rubicon Rocky Gerung: Sampai 27 Turunan, Hakim Daerah Tak Mampu Beli Velg Rubicon Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar