Breaking News

Sabil Ungkap Alasan Bilang Maneh ke Ridwan Kamil Kepada Politikus Golkar Kang Dedi Mulyadi, Responnya Seperti Ini


Anggota DPR RI sekaligus politikus Golkar Kang Dedi Mulyadi menemui sosok Muhammad Sabil Fadhilah seorang guru SMK yang baru-baru ini viral.

Sabil, sapaan akrabnya, viral usai mengkritik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan sebutan ‘maneh’ di Instagram Kang Emil.

Imbasnya Sabil dipecat dari sekolah tempatnya bekerja lantaran Ridwan Kamil melaporkan perbuatannya ke pihak sekolah.

Dalam kesempatan bertemu dengan Sabil, Kang Dedi Mulyadi menjelaskan beberapa tingkatan bahasa Sunda.

 “Tetapi kalau dalam pandangan saya bahasa itu bukan kalimat ‘maneh’, bukan kalimat ‘sia’, bukan kalimat apapun tergantung hati kita,” kata Kang Dedi, dikutip dari Kanal Youtube KDM Channel, Sabtu (18/3/2023).

“Jadi walaupun bahasanya halus ya kalau hatinya benci, tetep aja nyelekit,” tambahnya.

Meski begitu, Kang Dedi menilai kasar atau tidaknya sebuah kalimat tergantung dengan konteksnya. Apabila konteksnya  adalah bercanda maka hal tersebut lumrah saja.

“Tapi kalau bahasanya dianggap kasar, tapi hati kita adalah akrab, hereuy (bercanda),” katanya.

Ia kemudian menanyakan alasan Sabil berani memanggil orang nomor satu di Jawa Barat itu dengan panggilan tersebut,  di mana ‘maneh’ merupakan kata pengganti ‘kamu’ yang kasar.

 “Konteks ‘maneh’ di situ apa?” tanya Kang Dedi diiringi tawa.

“Ya kalau konteks ‘maneh’ di situ sebenarnya sih lebih ke karena saya dan warga yang lainnya juga hafal sosok Beliau, sosok yang akrab, someah, lebih ke friendly,” jawab Sabil.***

Sumber: suara
Foto: Sabil Ungkap Alasan Bilang “Maneh” ke Ridwan Kamil Kepada Politikus Golkar Kang Dedi Mulyadi, Responnya Seperti Ini (Youtube Kang Dedi Mulyadi Official)
Sabil Ungkap Alasan Bilang Maneh ke Ridwan Kamil Kepada Politikus Golkar Kang Dedi Mulyadi, Responnya Seperti Ini Sabil Ungkap Alasan Bilang Maneh ke Ridwan Kamil Kepada Politikus Golkar Kang Dedi Mulyadi, Responnya Seperti Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar