Breaking News

Menko Luhut Tantang Anak Muda Ahli IT Bereskan 27 Ribu Aplikasi Milik Pemerintah, Dapat Kritik Pedas, Ini yang Dikatakan Profesional Programmer


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvel) Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, menantang anak muda ahli IT di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan untuk membereskan 27 ribu aplikasi milik pemerintah.

Sebelumnya, aplikasi yang dibuat oleh pemerintah tersebut, mendapat keluhan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Menurut Sri Mulyani jika aplikasi-aplikasi itu tidak berfungsi secara multifungsi sehingga dianggap tidak efisien dan bahkan cenderung memboroskan anggaran negara.

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate mengatakan bahwa pihaknya bakal menutup aplikasi-aplikasi tersebut secara bertahap.

Bahkan dia berjanji akan menggantikan aplikasi-aplikasi yang tidak berfungsi itu dengan satu aplikasi super (Super App).

Luhut mengaku jika dia telah memberitahukan kepada Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, bahwa di Indonesia mempunyai banyak anak muda hebat yang mampu membuat aplikasi.

Baik aplikasi-aplikasi yang dibuat di lingkungan kementerian, lembaga, Pemda dan lainnya.

Menurut Luhut, puluhan ribu aplikasi tersebut melewati banyak vendor.

"Ternyata kita punya 27 ribu aplikasi seluruh pemerintahan ini, itu punya berapa banyak vendor," kata Luhut yang dilansir dari Kemkominfo TV.

Namun pernyataan Luhut pun mendapat berbagai macam kritikan dari berbagai kalangan masyarakat, terutama dari mereka yang bergerak di dunia IT dan programmer.

Salah satu kritikan datang dari seorang profesional programmer, Fuadit Muhammad yang dia unggah di laman media sosial miliknya @fuaditrockz

Dia mengatakan bahwa anak muda ahli IT tidak perlu ditantang, namun diberi ruang saja.

Ruang yang dimaksud Fuadit yakni bahwa sistem internal yang telah dibuat oleh para ahli IT, tidak sampai direcokin oleh pejabat eselon yang ingin merubah sistem.

"Karena biasanya mereka mencari celah untuk korupsi," kata Fuadit. (*)

Sumber: suara
Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Panjaitan Panjaitan (Instagram)
Menko Luhut Tantang Anak Muda Ahli IT Bereskan 27 Ribu Aplikasi Milik Pemerintah, Dapat Kritik Pedas, Ini yang Dikatakan Profesional Programmer Menko Luhut Tantang Anak Muda Ahli IT Bereskan 27 Ribu Aplikasi Milik Pemerintah, Dapat Kritik Pedas, Ini yang Dikatakan Profesional Programmer Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar