Breaking News

Mahfud MD Sebut Transaksi Janggal Rp 300 Triliun Tak Direspons Kemenkeu Gegara Ini


Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, mengatakan transaksi mencurigakan mencapai Rp300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak direspons dan ditindaklanjuti pejabat berwenang di kementerian.

"Melibatkan 460 orang lebih kementerian itu yang akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun, tapi sejak tahun 2009 karena laporan tidak di-update, tidak direspon," kata Mahfud MD dikutip dari Youtube Menkopolhukam, Kamis 9 Maret 2023.

"Tetapi respons itu muncul saat sudah menjadi kasus, kayak Rafael. Jadi kasus sudah dibuka, lho ini sudah dilaporkan dulu kenapa didiemin," sambungnya.

Mahfud membeberkan Inspektorat Jenderal Kemenkeu baru memberikan laporan terkait kecurigaan di kementerian keuangan, jika dipanggil. Kendati demikian, Mahfud ingin Sri Mulyani terus maju memberantas dana mencurigakan di intansinya.

"Nggak apa-apa kita harus membantu Bu Sri Mulyani. Bu Sri Mulyani sedang menyelesaikan itu, dan kita tidak bisa menyembunyikan apapun kepada masyarakat sekarang ini," katanya.

Mahfud juga mengaku salut kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang melakukan pembersihan sejak lama. Dia menyampaikan, laporan transaksi yang menumpuk bukan karena Sri Mulyani, melainkan menteri-menteri yang menjabat sebelumnya.

Saya sangat hormat dan salut sama Ibu Sri Mulyani yang begitu hebat untuk membersihkan itu yang sudah lama. Tapi yang menumpuk itu bukan Sri Mulyani, itu ganti menteri sudah 4 kali, kalau sejak tahun 2009 enggak bergerak," ucap Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud MD mengungkapkan adanya laporan transaksi mencurigakan sebesar Rp300 triliun di Kemenkeu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Bea Cukai. Mahfud menuturkan temuan transaksi mencurigakan berangka fantastis itu baru saja dilaporkan kepadanya pada Rabu 8 Maret 2023.

"Saya sudah dapat laporan, pagi tadi, terbaru, malah ada pergerakan mencurigakan sebesar Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan. Sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai. Itu (laporan) hari ini," ujar Mahfud di UGM.

Terkait temuan transaksi mencurigakan mencapai Rp300 triliun ini, Mahfud menyebut jika pihaknya telah menyampaikanya ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) maupun ke PPATK.

Mahfud meminta agar temuan transaksi mencurigakan itu bisa dilacak baik oleh Kementerian Keuangan maupun PPATK.

"Kemarin ada 69 orang dengan nilai (transaksi mencurigakan) gak sampai triliunan, hanya ratusan miliar. Sekarang, hari ini, sudah ditemukan lagi kira-kira Rp300 T. Itu harus dilacak," tegas Mahfud.

Sumber: viva
Foto: Menko Polhukam RI Mahfud MD Sumber : Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam
Mahfud MD Sebut Transaksi Janggal Rp 300 Triliun Tak Direspons Kemenkeu Gegara Ini Mahfud MD Sebut Transaksi Janggal Rp 300 Triliun Tak Direspons Kemenkeu Gegara Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar