Breaking News

Kisah Soekarno Nikahi Fatmawati dengan Nikah Wakil, Akadnya Diwakili Kawannya di Bengkulu


Setelah Soekarno dan Inggit resmi bercerai, Soekarno menikahi Fatmawati pada Juni 1943. Pernikahan tersebut dilakukan secara nikah wakil dikarenakan kedua mempelai terpisah oleh jarak. Mempelai laki-laki di Jakarta sedangkan mempelai perempuan berada di Bengkulu.

Dikutip dalam buku “Soekarno Fatmawati Sebuah Kisah Cinta Klasik” yang ditulis oleh Adhe Riyanto, Soekarno yang saat itu tengah di Jakarta karena tuntutan perjuangan dan pergerakan tidak memungkinkan untuk meninggalkan Jakarta ke Bengkulu untuk menikah.

Selain itu, dalam mengurus perizinan ke Jakarta untuk Fatmawati dan seluruh keluarganya, pada saat itu tidak memungkinkan. “Urusannya sangat sulit, pun aku tidak bisa segera menjemputnya ke Sumatra,” ucap Soekarno.

Menurut Hukum islam, perkawinan hanya boleh dilakukan, asalkan ada pengantin perempuan dan sesuatu yang mewakili laki-laki. Namun, Soekarno merasa tidak mungkin menunggu lebih lama lagi untuk menikah.

Dengan keinginan keras untuk menikah, maka ia berniat melaksanakan nikah wakil. “Aku mempunyai lebih daripada sesuatu itu, aku mempunyai seseorang, kukirimkan telegram kepada seorang kawan yang akrab untuk mewakiliku,” ujar Soekarno.

Setelah itu, Soekarno pun segera mengirim telegram kepada kawan akrabnya di Bengkulu untuk membantu pelaksanaan nikah wakil tersebut. Sang kawan akan mewakili Soekarno untuk menikahi Fatmawati.

Tidak lama setelah sang kawan menerima telegram dari Soekarno, ia pun bergegas ke rumah Fatmawati, dan menunjukkan telegram dari Soekarno tersebut. Kemudian, ia berhasil mendapat persetujuan dari orang tua Fatmawati.

Pernikahan itu pun dilaksanakan, pengantin putri dan wakil Soekarno pergi menghadap penghulu, dan sekalipun Fatmawati ada di Bengkulu dan Soekarno di Jakarta, keduanya resmi terikat tali pernikahan.

Sementara itu, setelah resmi menikah, Fatmawati dan kedua orangtuanya pindah ke Jakarta dan pergi meninggalkan Bengkulu. Setahun kemudian, terdengar kabar baik atas pernikahan mereka yaitu Fatmawati sudah hamil.

Sumber: okezone
Foto: Presiden Soekarno (Foto: Istimewa/Okezone)
Kisah Soekarno Nikahi Fatmawati dengan Nikah Wakil, Akadnya Diwakili Kawannya di Bengkulu Kisah Soekarno Nikahi Fatmawati dengan Nikah Wakil, Akadnya Diwakili Kawannya di Bengkulu Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar