Breaking News

Kecam RSUD Ciereng Tolak Ibu Hamil hingga Meninggal, Saleh DPR: Jangan Sampai Ini Hilang Begitu Saja


Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengecam sikap RSUD Ciereng, Subang, Jawa Barat, yang menolak ibu hamil yang mau lahiran atau partus.

Penolakan RSUD Ciereng, menangani ibu hamil mau lahiran, Kurnaesih (39), menyebabkan ibu hamil dan bayinya ini meninggal dunia.

“Saya mengecam tindakan RSUD Ciereng, Subang, yang menolak menangani Ibu Kurnaesih. Akibatnya, Ibu Kurnaesih dan anaknya tidak bisa ditolong dan meninggal dunia,” tegas Saleh Daulay dalam keterangannya, Selasa (7/3).

Ini adalah salah satu bentu kelalaian yang fatal. Pihak-pihak yang terkait harus bertanggung jawab dan dituntut sesuai aturan perundangan yang ada.

“Andaikata pihak RSUD Ciereng, Subang menangani, saya yakin Ibu Kurnaesih dan bayinya akan tertolong. Mereka tidak perlu keluar dari IGD dan pergi mencari alternatif RS lainnya,” jelasnya.

“Saya tidak tahu detailnya bagaimana keadaan pasien waktu itu. Yang jelas, ketika datang ke RSUD Ciereng, Subang, sudah dimasukkan ke IGD,” ujarnya.

“Itu artinya, yang bersangkutan sedang tidak baik-baik saja. Perlu penanganan serius karena situasinya darurat dan mengkhawatirkan,” tegas Saleh.

Tentu sangat disayangkan jika pihak RSUD tidak mau menangani. Soal rujukan yang dipersoalkan, mestinya bisa diurus kalau situasi pasien sudah tertangani dengan benar. Suami atau pihak keluarga pasien pasti mau mengurus surat rujukan tersebut.

“Orang akan bertanya, mana yang lebih penting, surat rujukan atau keselamatan Ibu dan bayi? Jawabannya, pasti keselamatan ibu dan bayi. Lalu, kenapa surat rujukan itu yang diutamakan? Kalau tidak ada, malah tidak mau memberikan pelayanan,” tegas Ketua Fraksi PAN DPR RI ini.

Dia pun meminta Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan serius terkait kasus ini.

Pihak RSUD Ciereng, Subang, harus bertanggung jawab. Harus dipastikan, siapa pun yang bersalah dalam kasus ini harus diberi sanksi. Harus ada tindakan tegas. Tidak boleh dibiarkan dan dilupakan.

“Jangan sampai kasus ini hilang begitu saja. Pemeriksaan yang dilakukan sangat diperlukan. Dengan begitu, kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” tegasnya.

“Mereka yang bekerja di bidang kesehatan haruslah memiliki nilai-nilai kemanusiaan. Itulah prinsip dasar dalam pelayanan kesehatan kita,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kurnaesih (39), ibu hamil asal Kampung Citombe, Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, meninggal dunia karena tak ditangani oleh RSUD Ciereng, Subang.

Kurnaesih, yang hamil sembilan bulan, hendak melahirkan di RSUD Ciereng, Subang, Kamis (16/2).

Juju Junaedi (46), suami korban, mengatakan kejadian ini bermula saat istrinya alami kontraksi saat masih berada di rumah.

Namun, karena kondisi Kurnaesih terus-menerus mengalami penurunan, pihak keluarga pun membawa korban ke Puskesmas Tanjungsiang untuk penanganan awal.

“Sudah drop waktu masih di rumah tuh saya bawa langsung ke puskesmas terus sama masih gitu tidak ada perubahan terus akhirnya dibawa langsung ke RSUD Subang,” ujar Juju kepada wartawan, Selasa (7/3).

Juju mengungkapkan, sesampai di IGD dan akan masuk ke ruang pelayanan obstetri neonatal emergency komprehensif (PONEK) untuk mendapatkan tindakan, tapi ditolak dengan alasan pihak RSUD Ciereng yang belum menerima rujukan dari Puskesmas Tanjungsiang.

“Waktu di IGD emang masih diterima, tapi waktu dipindahin ke ruangan anak langsung ditolak katanya belum ada konfirmasi dari rujukan Puskesmas Tanjungsiang mah. Nah kayak gitu aja kronologinya mah,” ungkapnya.

Setelah ditolak RSUD Ciereng dalam kondisi kritis, Juju dan keluarga pun akhirnya membawa sang istri ke salah satu rumah sakit di Bandung.

Namun, saat dalam perjalanan, istrinya tersebut meninggal dunia bersama dengan anak yang berada di dalam kandungannya.

Sumber: pojoksatu
Foto: Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay (ist)
Kecam RSUD Ciereng Tolak Ibu Hamil hingga Meninggal, Saleh DPR: Jangan Sampai Ini Hilang Begitu Saja Kecam RSUD Ciereng Tolak Ibu Hamil hingga Meninggal, Saleh DPR: Jangan Sampai Ini Hilang Begitu Saja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar