Breaking News

Ini Nama-nama Capres Cawapres Idola Netizen, Siapa Paling Moncer?


Pemilihan Presiden yang rencananya bakal digelar 14 Februari 2024 mendatang, mulai menunjukkan nama-nama tokoh potensial untuk berlaga dan bermanuver di kontestasi politik lima tahunan.

Sejauh ini Anies Baswedan hampir dipastikan maju di Pilpres 2024. Koalisi perubahan yang mengusung Anies tinggal menunggu Partai Demokrat mendeklarasikan dukungannya. Sementara NasDem dan PKS sudah deklarasi.

Selain Anies, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo diprediksi bakal bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Indonesia. Lembaga Survei Median (Media Survei Nasional) pun merilis data temuan terbaru hasil survei elektabilitas kandidat capres dan cawapres di Pemilu 2024.

Sampai data diambil, ada empat poros politik yang terbentuk, yaitu poros tunggal PDIP, poros Golkar-PAN-PPP, poros Gerindra-PKB, dan poros NasDem-Demokrat-PKS. Dari data survei berkala yang dilakukan Median atau bahkan lembaga survei lainnya, ditemukan fakta belum ada satu pun capres yang memiliki elektabilitas di atas 50 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median Rico Marbun, Selasa (29/2/2023) mengatakan, di antara nama-nama capres yang beredar, nama Prabowo dan Anies Baswedan relatif cukup kokoh dalam koalisinya masing-masing.

“Meski santer terbaca dari media-media massa Ganjar punya peluang maju di koalisi KIB, tapi ada dua problema. Hubungannya dengan PDIP dan kader-kader dari KIB cukup kuat,” kata Rico.

Elektabilitas Capres


Berikut beberapa temuan terbaru lembaga survei Median terkait elektabilitas capres dan cawapres Pemilu 2024. Dari pertanyaan, jika saat ini Pilpres, siapakah calon presiden yang Anda pilih? Jawaban lima besar yang keluar adalah:

Prabowo (20,5%)
Ganjar Pranowo (18,9%)
Anies Baswedan (17,9%)
Ridwan Kamil (9%)
Agus Harimurti Yudhoyono (3,5%)
Sementara di peringkat selanjutnya diisi nama-nama, antara lain Airlangga Hartarto, Eric Thohir, Muhaimin Iskandar, Andika Perkara, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, Anis Matta.

Elektabilitas Cawapres


Sedangkan dari pertanyaan ‘Jika saat ini pilpres siapakah calon wakil presiden yang Anda pilih?’ Cawapres paling favorit hasil survei Median sementara ini adalah:

Ridwan Kamil (16,9%)

Agus Harimurti Yudhoyono (10%)

Sandiaga Uno (6,5%)

Muhaimin Iskandar (6%).Nama-nama lain cawapres yang muncul antara lain Eric Thohir (3%), Airlangga Hartarto (2,8%), Khofifah Indar Parawangsa (2%). 

Metode Survei

Survei Median menggunakan rancangan nonprobability sampling, kuesioner disebarkan melalui Facebook dengan target pengguna aktif facebook berusia 17-60+. Form Pertanyaan disebar secara proporsional terhadap populasi dan tersebar di akun Facebook di 38 Provinsi.

Hasilnya terkumpul sebanyak 400 responden yang tersebar di 38 Provinsi yang diambil tanggal 22-26 februari 2023. Sementara hasil survei dimaksudkan untuk menggali persepsi penggunamedia sosial atau warganet.

Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial maka survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsipopulasi secara keseluruhan.

Sumber: hajinews
Foto: Para Tokoh Politik/Net
Ini Nama-nama Capres Cawapres Idola Netizen, Siapa Paling Moncer? Ini Nama-nama Capres Cawapres Idola Netizen, Siapa Paling Moncer? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar