Breaking News

Heboh Mobil Listrik Esemka Buatan China, Pemodalnya Terungkap


Keberadaan Esemka yang kembali muncul di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) menimbulkan pertanyaan mengenai siapa sosok di baliknya, termasuk mengenai investor yang menopang di belakangnya. Apalagi, kemunculan Esemka yang mendadak, diikuti dengan fakta mobil listrik yang diusung di IIMS 2023 adalah buatan China. 

Apakah ini berarti pemodal di balik pabrikan mobil yang sempat digadang-gadang ikon buatan Indonesia ini adalah juga investor China?

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya pun buka suara mengenai sosok investor tersebut, meski enggan mengungkap secara rinci.

"Yang bisa saya sampaikan investor orang Indonesia. Swasta," katanya kepada CNBC Indonesia, pekan lalu ketika ditemui di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, dikutip Selasa (28/2/2023).

Ditanya mengenai swasta atau korporasi besar yang ada di belakangnya, Eddy lagi-lagi tidak menyebutkan detailnya.

"Pengusaha Indonesia, WNI (warga negara Indonesia)investor Indonesia, nggak ada asing. Kami tenaga kerja semua anak-anak kejuruan," sebutnya.

Namun yang pasti, ada syarat investor tersebut memiliki jiwa merah putih untuk memajukan industri otomotif nasional lewat brand Esemka. Apalagi anak-anak yang mengerjakan juga berasal dari latar belakang kejuruan SMK maupun diploma.

"Swasta yang idealis yang mau branding tentang local brand. Investasi sudah terjadi, karena idealisme kebangsaan, panggilan merah putih. Beliau mau hadir untuk investasi ini, gimana mendayagunakan anak-anak SMK Jateng-Jatim ide mulia beliau," ujar Eddy.

Foto: Salah Satu Mobil Esemka/Net
Heboh Mobil Listrik Esemka Buatan China, Pemodalnya Terungkap Heboh Mobil Listrik Esemka Buatan China, Pemodalnya Terungkap Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar