Breaking News

Ditanya Berkiblat ke Amerika atau Tiongkok? Anies Jawaban Begini


Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan, mengundang 50 pimpinan media Jawa Timur dalam acara bertajuk “Chief Editors Meeting Bersama Anies Baswedan” di Shangri La Hotel Surabaya, Jumat (17/5/2023) malam.

Dialog Anies dengan para petinggi media ini dipandu oleh jurnalis senior, Dhiman Abror Djuraid.

Salah satu yang memberikan pertanyaan adalah M. Mas’ud Adnan. Mas’ud merupakan bos perusahaan salah satu koran harian dan media online di Jatim.

“Saya to the point saja. Pak Anies, jika panjenengan terpilih sebagai presiden, akan berkiblat ke mana, ke Tiongkok (China) atau ke Amerika Serikat,” tanya Mas’ud Adnan.

Sebab, menurut dia faktanya, hampir semua presiden RI – bahkan presiden negara lain – tak lepas dari ketergantungan kepada Amerika atau Tiongkok.

Soal Amerika dan Tiongkok, kata Anies, kita dalam bernegoisasi harus tegas memprioritaskan kepentingan Indonesia.

“Kita harus punya apa yang kita sebut national interest,” tegas cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan itu.

Ia mengaku pernah bertemu dengan pimpinan negara tapi ia enggan menyebutkan negara mana. Anies mengaku menjelaskan kepada pimpinan negara itu tentang posisi dan kepentingan Indonesia. Artinya, dalam bernegoisasi harus tegas menomorsatukan kepentingan Indonesia.

“Kalau ditanya kiblat, maka kiblat kita Indonesia,” katanya.

Selain itu Anies juga menjawab terkait dengan tudingan Bapak Politik Identitas. Dalam kesempatan ini Anies menjawab tuntas tentang penyebabnya. Dan Anies mengaku penyebabnya adalah Pilkada 2017 Jakarta.

“Saya minta semua harus objektif, jika ada pemilihan di situ ada calon Laki-laki dan perempuan maka isu gender yang dominan. Jika pilkada dengan calonnya salah satu suku seperti Jawa dan Sunda maka isu suku akan dominan. Jika calon satunya Muslim dan calon satunya Kristen maka isu agama yang akan dominan,” katanya.

Kedua belah yang mendukung akan berbicara soal isu Agama. Anies beranggapan hal tersebut merupakan penyakit bangsa karena jika salah satu kalah maka isu yang akan muncul karena menggunakan agama sedangkan pendukung yang menang akan menyatakan karena program.

“Jawaban saya terhadap itu semua terkait dengan label baik politik berbasis agama dan identitas tersebut apakah diwujudkan dalam keseharian selama 5 tahun saat bertugas. Monggo di cek di Jakarta apakah ada kebijakan yang tidak bersahabat kepada minoritas, apakah ada kebijakan yang diskriminatif ke salah satu agama. Kalau tidak terbukti maka tuduhan itu harus dicabut demi akal sehat. Kalau tidak ya kita tidak objektif lagi,” imbuh Anies.

Sumber: hajinews
Foto: Anies Baswedan/Net
Ditanya Berkiblat ke Amerika atau Tiongkok? Anies Jawaban Begini Ditanya Berkiblat ke Amerika atau Tiongkok? Anies Jawaban Begini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar