Breaking News

Bos Pertamina Ungkap Awal Mula Kebakaran Depo Plumpang, Bukan dari Tangki!


Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan kronologi terbakarnya Depo Plumpang, Jakarta Utara. Menurut Nicke, titik kebakaran bermula di pipa inlet, bukan di tangki BBM.

"Kemarin insiden itu ada di mana? Kita lihat A orange di pojok kanan atas, pas di belokan, di situ. Bukan di tangkinya, tapi di pipa di situ. Kalau dilihat ada pipa yang masuk ke dalam tangki tersebut. Nah di pipa inlet itulah yang terjadi kebakaran," ujarnya dalam RDP bersama Komisi VI DPR, Selasa (14/3/2023).

Namun, Nicke belum bisa merinci penyebab terjadinya kebakaran. Hal ini masih dalam proses investigasi Pertamina.

"Kita masih investigasi pak. Saya ingin sampaikan bahwa sebetulnya tangki-tangki dan seluruh instalasi fasilitas yang ada di TBBM Plumpang itu masih aman, tidak terbakar. Yang terbakar adalah pipa yang inlet saja," bebernya.

"Adapun mengenai tadi, penyebab kebakaran ini masih dilakukan investigasi terdiri dari Aparat Penegak Hukum, Dirjen Migas RI, dan juga tim Pertamina. Hasil investigasi belum selesai, belum keluar. Jika sudah ada kami sampaikan di forum lain," lanjutnya.

Nicke melanjutkan, api bisa dipadamkan 1 jam setelah kejadian lalu setelah itu didinginkan. Dalam waktu 3 jam kebakaran dinyatakan aman, dan sistem yang sempat dimatikan diaktifkan kembali jam 4 pagi.

"Dan itu pun berhasil kita padamkan dalam waktu 1 jam setelah itu didinginkan. Sehingga 3 jam dinyatakan aman. Sehingga pada waktu itu, setelah kejadian, jam 4 pagi itu sudah diaktifkan kembali, digunakan kembali. Tetapi pipanya kita off-kan, tidak digunakan," bebernya.

Suplai BBM kemudian menggunakan pipa yang berasal dari laut. Sehingga, Nicke menjamin pasokan BBM aman usai insiden ini.

Sumber: detik
Foto:Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati/Net
Bos Pertamina Ungkap Awal Mula Kebakaran Depo Plumpang, Bukan dari Tangki! Bos Pertamina Ungkap Awal Mula Kebakaran Depo Plumpang, Bukan dari Tangki! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar