Breaking News

5 Fakta Jokowi Sambangi Korban Kebakaran Plumpang, Depo Pertamina Bisa Pindah ke Pulau Reklamasi


Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, menyisakan duka, sedikitnya 19 orang meninggal atas peristiwa tersebut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun langsung meninjau lokasi dan mengunjungi para pengungsi korban kebakaran tersebut, Minggu 5 Maret 2023.

Berikut 5 Fakta terkait kedatangan Jokowi ke Plumpang, Jakarta Utara. Salah satunya rencana pemindahan Depo Pertamina ke Pulau Reklamasi.

1. Seharusnya Dikelilingi Sungai

Jokowi mengatakan, Depo Terminal BBM (TBBM) Pertamina Plumpang seharusnya sejak dahulu sudah dikelilingi sungai. Pasalnya, depo tersebut akan sangat berbahaya jika ada di dekat permukiman warga.

"Tapi memang harusnya ini zona air, dibuat sungai, untuk melindungi dari obyek vital yang kita miliki, karena barang-barang yang ada di dalamnya sangat berbahaya apabila berdekatan dengan masyarakat apalagi dengan permukiman penduduk," ujar Jokowi.

2. Permukiman Warga Bertambah

Presiden Jokowi mengaku rencana tersebut belum terlaksana karena persoalan permukiman warga yang terus bertambah di kawasan Kampung Tanah Merah.

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai, tapi memang belum sampai pada titik mencarikan solusi bagi penduduk di situ," ucap Jokowi.

Kendati demikian, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk mencarikan solusi terbaik untuk keamanan warga dan obyek vital bisa beroperasi dengan baik.

"Tanah Merah ini kan padat dan penuh, semuanya harus dicarikan solusi. Saya kira keamanan masyarakat, keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama," pungkas Jokowi.

3. Perintahkan Menteri BUMN dan Gubernur DKI

Jokowi mengaku sudah memerintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang.

"Pertama karena ini memang zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpang (TBBM Depo)-nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser direlokasi," kata Jokowi.

Terkait keputusan dan solusi yang terbaik, Presiden menyebutkan keputusannya akan diputuskan oleh Pertamina selaku pemilik lahan dan Gubernur DKI Jakarta.

"Saya kira nanti akan diputuskan oleh Pertamina dan Gubernur DKI," pungkas Jokowi.

4. Relokasi Warga atau Depo Pertamina

Ada dua solusi untuk persoalan kebakaran di Plumpang, yaitu relokasi permukiman warga Kampung Tanah Merah atau relokasi Depo Terminal BBM (TBBM) Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Keputusan akan diambil dalam waktu satu atau dua hari ke depan.

"Keputusannya relokasi ini akan segera diputuskan sehari dua hari ini oleh Pertamina dan Gubernur DKI sehingga statusnya menjadi jelas," ujar Jokowi.

"Ini yang baru nanti dibicarakan. Apakah ada pilihan-pilihan ada opsi-opsi, apakah deponya yang digeser atau masyarakat nya yang digeser, kalau digeser tanahnya di mana. Tapi harus segera ditemukan solusinya," jelas Jokowi.

5. Depo Pertamina Pindah ke Pulau Reklamasi

Jokowi membuka peluang depo Pertamina Plumpang dipindah ke pulau reklamasi. Menurutnya, harus ada jarak yang aman antara depo Pertamina dengan permukiman warga.

Mengingat Depo Pertamina tersebut termasuk dalam objek vital negara yang pelru dilindungi dan punya tempat aman dari jangkauan masyarakat.

"Karena ini memang zona yang bahaya, tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya, bisa (Depo) Plumpang di Geser ke reklamasi, atau penduduknya yang digeser di relokasi," kata Presiden Jokowi.

Sumber: okezone
Foto: Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Heru Budi (Foto : BPMI)
5 Fakta Jokowi Sambangi Korban Kebakaran Plumpang, Depo Pertamina Bisa Pindah ke Pulau Reklamasi 5 Fakta Jokowi Sambangi Korban Kebakaran Plumpang, Depo Pertamina Bisa Pindah ke Pulau Reklamasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar