Breaking News

5 Fakta Harta Kepala Bea Cukai Makassar Dinilai Tak Wajar, Anak Istri Sering Pamer


Harta kekayaan Kepala Bea dan Cukai Makasar Andhi Pramono mendapat sorotan dari warganet. Saat ini, gaya hidup mewah pejabat dan keluarganya termasuk soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dianggap tak wajar terus menjadi menjadi sorotan.

Bahkan, sejumlah pejabat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena memiliki LHKPN yang tidak wajar.

Berikut fakta-faktanya:

1. Rumah Mewah Bak Istana 

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana telah menyerahkan hasil analisis (HA) harta kekayaan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono ke KPK. Rumah mewah bak istana Andhi Pramono viral di media sosial. Netizen juga membagikan foto anak dan istri Andhi yang sering pamer di media sosial.

"Ya kami sudah kirim HA ke KPK sejak awal 2022an yang bersangkutan," kata Andhi saat dikonfirmasi, Rabu 8 Maret 2023.

Saat disinggung terkait ada indikasi perbutan nominee untuk samarkan harta kekayaannya, Ivan membenarkan. "Ya dugaan demikian," kata Ivan.

2. Miliki Harta Miliaran Rupiah

Dikutip dari situs resmi LHKPN KPK, Rabu 8 Maret 2023, harta kekayaan Andhi Pramono pada laporan terakhir di Desember 2021 sebesar Rp13.753.365.726 atau Rp13,7 miliar.

Dalam laporan itu, ada rincian tanah dan bangunan Rp6.989.727.200. Kemudian juga memiliki alat transportasi Rp1.846.800.000. Untuk harta bergerak lain milik Andhi sebesar Rp706.500.000.

3. Gaya Hidup Istri dan Anaknya Disorot

Gaya hidup anak dan istri Andhi Pramono tak lepas dari sorotan. Mereka dianggap kerap memamerkan kemewahan.

Netizen merasa Andhi memiliki harta tak wajar karena tidak sesuai dengan pendapatannya sebagai Kepala Bea Cukai Makasar. Seperti dalam postingan video yang diunggah akun Twitter @PartaiSocmed, memposting rumah mewah Andhi bak seperti istana. Bahkan, anak dan istri Andhi juga mendapat sorotan netizen.

Buah hati Andhi Pramono juga menjadi sorotan karena kerap memamerkan pakaian mewah yang sangat mahal di sosial media.

"Ini tolong dikawal ya tuips! Info terakhir yg kami terima yang bersangkutan sedang sibuk 'lobby' agar tidak kena kasus," tulis akun Twitter @PartaiSocmed.

4. Perbuatan Nominee

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menyatakan telah menyerahkan hasil analisis (HA) harta kekayaan Andhi ke KPK. "Ya kami sudah kirim HA ke KPK sejak awal 2022an yang bersangkutan," katanya saat dikonfirmasi, Rabu 8 Maret 2023.

Saat disinggung terkait ada indikasi perbuatan nominee untuk samarkan harta kekayaannya. "Ya dugaan demikian," tutur Ivan.

Kendati demikian, Ivan enggan menjelaskan lebih dalam terkait pemblokiran rekening Andhi. "Belum bisa kami sampaikan," tandasnya.

Nominee diartikan sebagai upaya menggunakan nama orang lain dalam melakukan transaksi. Cara ini juga dipakai oleh mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo untuk menutupi aset kekayaannya.

Rafael Alun Trisambodo merupakan ayah dari Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan David Ozora Latumahina, anak pengurus GP Ansor.

5. KPK Akan Panggil Andhi Pramono

KPK akan memanggil Kepala Bea dan Cukai Makassar, Andhi Pramono untuk mengklarifikasi harta kekayaan yang tengah menjadi sorotan warganet. Klarifikasi itu juga dilakukan terhadap LHKPN.

"Kita akan lakukan klarifikasi terhadap Andhi Pramono, mungkin minggu depan," kata Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu 8 Maret 2023.

Pahala menambahkan, telah mendapat laporan hasil analisis (LHA) terkait harta kekayaan Andhi dari PPATK. "LHA sudah dikirim ke KPK, Maret 2022 sudah kita tindaklanjuti," ujarnya.

Sumber: okezone
Foto: Gaya hidup keluarga Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono disorot netizen (Foto: Tangkapan layar media sosial)
5 Fakta Harta Kepala Bea Cukai Makassar Dinilai Tak Wajar, Anak Istri Sering Pamer 5 Fakta Harta Kepala Bea Cukai Makassar Dinilai Tak Wajar, Anak Istri Sering Pamer Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar