Breaking News

Senin Pagi, Banjir Rendam 24 RT di Jakarta akibat Hujan Deras dan Luapan Kali


Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta mengakibatkan 24 RT di Ibu Kota terendam banjir pada Senin (27/2/2023) pagi.

Ketinggian air mulai dari 20 sentimeter sampai 1 meter.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Moh Insaf mengungkapkan, 24 RT yang terendam banjir tersebar di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 21 RT. Saat ini menjadi 24 RT atau 0,079 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ungkap Insaf saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Saat ini, kata Insaf, banjir terparah terjadi di wilayah Kampung Melayu, Jakarta Timur. Tercatat ketinggian air pada Senin pagi ini mencapai 1 meter.

Insaf menyebutkan, banjir tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

"Di Kampung Melayu ada dua RT terendam. Penyebabnya hujan dan luapan Ciliwung. Hingga pukul 06.00 WIB, tinggi muka air mencapai 100 sentimeter," sebut Insaf.

Berikut daftar 24 RT yang terendam banjir pada Senin pagi:

Jakarta Selatan
  • Kelurahan Cilandak Timur: 2 RT terendam banjir dengan ketinggian 50 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut.
Jakarta Timur
  • Kelurahan Kampung Melayu: 2 RT terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.
  • Kelurahan Bidara Cina: 5 RT terendam banjir dengan ketinggian mencapai 90 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.
  • Kelurahan Cawang: 2 RT terendam banjir dengan ketinggian mencapai 90 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.
  • Kelurahan Cililitan: 1 RT terendam banjir dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Item.
Jakarta Barat
  • Kelurahan Rawa Buaya: 8 RT terendam banjir dengan ketinggian 60 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi.
  • Kelurahan Tegal Alur: 3 RT terendam banjir dengan ketinggian 35 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi.
  • Kelurahan Kembangan Utara: 1 RT terendam banjir dengan ketinggian 40 sentimeter. Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi.
  • Insaf menambahkan bahwa saat ini jajaran BPBD bersama dinas terkait tengah menyedot air untuk mempercepat surutnya banjir di 24 RT tersebut.
"Ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," pungkas dia.

Sumber: kompas
Foto: Jakarta kembali dikepung banjir. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Senin Pagi, Banjir Rendam 24 RT di Jakarta akibat Hujan Deras dan Luapan Kali Senin Pagi, Banjir Rendam 24 RT di Jakarta akibat Hujan Deras dan Luapan Kali Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar